PEMANFAATAN BIDANG INFORMASI DAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK, PENYULUHAN ADMINISTRASI DAN TINGKAT ABSENSI KARYAWAN PADA PT. TRI MUJA DENPASAR BALI

Penulis

  • Ni Made Dwi Puspitawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Putu Clarantya Dyentari Surya Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Penjualan, Administrasi, Absensi, Teknologi

Abstrak

Pertumbuhan ekonomi Indonesia telah mengalami berbagai fluktuasi selama beberapa tahun terakhir. Sebelum pandemi COVID-19, Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang stabil dan relatif kuat, meskipun terdapat beberapa tantangan struktural yang perlu diatasi Pada era new normal di Indonesia, beberapa aspek kehidupan telah mengalami perubahan untuk beradaptasi dengan situasi pasca pandemi, dengan upaya untuk memulihkan kegiatan ekonomi dan sosial sambil tetap menjaga protokol kesehatan. Salah satunya dengan adanya dukungan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan perusahaan lainnya. Salah satu perusahaan yang ekonominya mulai normal adalah PT. Tri Muja yang saya teliti. PT. Tri Muja. Maka pengabdian ini bertujuan untuk membantu peningkatan pengenaan, penjualan, kegiatan administrasi dan tingkat absensi di PT. Tri Muja. Pengabdian dimulai dari tanggal 13 Juli sampai dengan tanggal 14 Agustus 2023. Program ini dimulai dengan memberikan bantuan promosi menggunakan media sosial yaitu instagram, tiktok dan facebook, penyuluhan kegiatan administrasi berbasis teknologi dan juga pencatatan absensi karyawan dengan bantuan teknologi.

Referensi

Azwina, R., Wardani, P., Sitanggang, F., & Silalahi, P. R. (2023). Strategi Industri Manufaktur Dalam Meningkatkan Percepatan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1), 44-55.

Fitri, A. A., Sajali, M., Fitria, L. N., Jaiz, I. A., & Ardi, Z. I. (2023). Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 Melalui Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Produk Opak. Devosi, 4(1), 11-18.

Ginting, A. M. (2023). COVID-19 Dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Kajian, 25(4), 285-300.

Novel, N. J. A., Trena, P. W., Nirmalasari, H., Bekti, Z. M. B., & Sukmadewi, R. (2023). Digitalisasi Melalui Media Sosial Sebagai Strategi UMKM Pada Era New Normal. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2).

Soimah, N., Messi, M., & Imelda, D. Q. (2022). Strategi Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Terhadap Umkm Pada Masa Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 10(2), 122-127.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Puspitawati, N. M. D., & Surya, I. A. P. C. D. (2023). PEMANFAATAN BIDANG INFORMASI DAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK, PENYULUHAN ADMINISTRASI DAN TINGKAT ABSENSI KARYAWAN PADA PT. TRI MUJA DENPASAR BALI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1060–1065. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8001