UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PRODUK MINUMAN TRADISIONAL JAMU KUNYIT ASAM

Penulis

  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sukadana Universitas Udayana
  • Ni Wayan Cantika Verginia Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Noviana Dewi Setianingrum Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Higienis, Jamu Kunyit Asam, Standar Operasional Prosedur

Abstrak

Pengabdian masyarakat di Desa Mekar Bhuwana, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung ini menyasar pada UMKM Jamu Kunyit Asam Ibu Ni Wayan Ariani. Melalui observasi dan wawancara yang dilakukan, ditemukan kurangnya pengetahuan tentang menjaga kualitas produk dan kurangnya pemahaman terkait penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam setiap proses produksi yang dilakukan. Melihat kondisi tersebut, tim pengabdian masyarakat hadir untuk membantu meningkatkan kualitas produk dengan cara melakukan penyuluhan, pelatihan serta pendampingan dalam penerapan kehigienisan produksi dan juga melakukan penerapan Standar Operasional Peosedur (SOP). Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membantu meningkatkan kualitas produk Jamu Kunyit Asam Ibu Ariani sehingga memiliki citra produk yang baik dan berkualitas pada konsumen yang telah membeli produknya. UMKM Jamu Kunyit Asam ini diberikan pelatihan dalam peningkatan kualitas produk dan juga pelatihan dalam penggunaan Standar Operasional Prosedur. Melalui program ini sasaran mengetahui bagaimana cara untuk menjaga kualitas produk, sehingga dapat meningkatkan kehigienisan produk yang dihasilkan serta dapat menerapkan SOP dalam setiap kegiatan produksi yang dilakukan pada usahanya.

Referensi

Bake, J. (2023). Analisis Implementasi Standar Operasional Prosedur Layanan Administrasi Kepegawaian Pada Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga Kota Kendari. Publica: Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik, 14(1), 56-63.

Dataindonesia.id. (2023). "Ada 72 KLB Keracunan Pangan di Indonesia 2022, Ini Sebarannya". Diakses melalui https://dataindonesia.id/kesehatan/detail/ada-72-klb-keracunan-pangan-di-indonesia-2022-ini-sebarannya.

Khotimah, K., Octavia, D. R., Rahmawati, E., & Fistalia, D. I. A. A. (2022). Peningkatan produktivitas kelompok usaha jamu melalui peningkatan skill inovasi produk teh rosela. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 571-581.

Prameswari, N. P. K. D., & Samsudin, A. (2023). Pengembangan UMKM Melalui Inovasi Serbuk Jamu Tradisional Di Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia, 1(3), 79-85.

Ritonga, W., Fitrawaty, F., Panggabean, D. D., Oktora, M., Harahap, M. H., Irfandi, I., & Syah, D. H. (2021). Peningkatan Kualitas Produk Olahan Jamu Tradisional pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kolam. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 5(2), 324-331.

Wardhana, M. A., Maryatin, M., & Prihantono, J. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Nasabah Elektronik Pada Penggunaan Fitur Bca M-Banking. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 4(1), 16-21.

Wulan, K. W. (2020). Pentingnya Personal Hygiene dalam Mewujudkan Keamanan Pangan. Artikel Ilmiah. Pusat Study Pangan dan Gizi, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Yuliastuti, I. A. N., Lestari, I. G. A. A. I., & Purnawati, N. L. G. P. (2018). Peningkatan Pendapatan Kerupuk Citra Melalui Peningkatan Kuantitas Dan Kualitas Produksi. Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks, 7(1).

Yuliastuti, I. A. N., Sukerta, I. M., & Febrianingsih, N. K. S. (2021). Strategi Peningkatan Kualitas Produk Dan Penjualan Umkm Kripik Balado Pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 (pp. 648-656).

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Yuliastuti, I. A. N. ., Sukadana, I. W. ., Verginia, N. W. C. ., & Setianingrum, N. D. . (2023). UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PRODUK MINUMAN TRADISIONAL JAMU KUNYIT ASAM. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1039–1047. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7996