PEMANFATAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI USAHA FRUIT IN BOTTLE
Kata Kunci:
Promosi, Social Media, Papan Pengenal UsahaAbstrak
Pengabdian Masyarakat merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di daerah tertentu atau Lembaga Pendidikan. Dilaksanakan secara individu, terintegrasi antar jurusan , terkoordinasi di tingkat Fakultas, diutamakan kegiatan non fisik di bidang Pendidikan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja nyata lapangan dalam bidang membentuk sikap mandiri dan tanggung jawab dalam pelaksanaan pekerjaan di lapangan. UMKM fruit in bottle merupakan salah satu usaha yang berada di Panjer, Jalan Tukad Pancoran No. 4x, Dauh Puri Klod, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Usaha ini bergerak dalam bidang minuman juice buah. Banyaknya yang belum berkembang karena belum cukup mampu memanfaatkan teknologi digital untuk kemajuan bisnis atau usaha yang dimilikinya. Berdasarkan hasil wawancara strategi yang perlu disiapkan untuk meningkatkan kembali UMKM ini adalah : 1.mengedukasi mitra tentang pemahaman dalam melakukan promosi melalui media sosial dan membantu membuatkan akun media sosial seperti instagram. 2. Sosialisasi penggunaan digital marketing kerja sama penggunaan E- Wallet Dalam bertransaksi dan yang ke 3. Memberikan banner/papan pengenal kepada mitra usaha.
Referensi
ES, Dedi Purwana, Rahmi, dan Aditya Shandy. (2017) Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) Vol.1 No.1 Juli 2017.
Tiago, Maria Teresa Pinheiro Melo Borges dan Verissimo, Jose Manuel Cristovao. 2014. Digital Marketing and Social Media
Baltas, G. 2003. Determinants of Store Brand Choice: A Behavioral Analysis. Journal of Product & Brand Management, 6(5): 315–324.
http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/494
Latah Diana Sholawati, Zafarayana Fatma Laila, Nor Anisa Kumaeroh, Irsyadi Syalima. (2020). Upaya Meningkatkan Nilai Ekonomi Pelaku Umkm
Li, H., dan Leckenby, J.D., 2004., Internet Advertising Formats and Effectiveness. Online Paper
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap
Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. 46 Jibeka,, 46-53.
Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia , 41-46.
Steven, Hairong Li and Joo-Hyun Lee (2002), “Forced Exposure and Psychological Reactance: Antecedents and Consequences of the Perceived Intrusiveness of
Pop-Up Ads,” in Marla R. Stafford and Ronald J. Faber (eds.), Advertising, Promotion, and New Media
Unmas, (2020) Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Denpasar
Unmas, (2022) Buku Panduan KKN Alternatif Peduli Pandemi Covid – 19 (KAPPC) FEB