UPAYA PENINGKATAN KUALITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN SPAREPARTS DI UD. SURYA PRAMARTHA MOTOR MELALUI KNOWLEDGE SHARING

Penulis

  • Ni Putu Lisa Ernawatiningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Putra Jaya Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Knowledge Sharing, Sparepart, Manajemen Relasi Pelanggan

Abstrak

Penulisan laporan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kerja karyawan di UD. Surya Pramartha Motor melalui kegiatan knowledge sharing antar karyawan serta membantu untuk menangani komplain dari pelanggan dengan membentuk program Manajemen Relasi Pelanggan (MRP). Metode yang digunakan untuk meningkatan pemahaman staff adalah dengan memberikan penyuluhan, pelatihan serta pendampingan. Metode penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan staff mengenai tugas serta tanggung jawabnya dalam bekerja. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pelatihan kepada staff terkait sparepart telah berhasil ditingkatkan melalui kegiatan penyuluhan, pelatihan, pendampingan, dan membentuk program Manajemen Relasi Pelanggan (MRP) sebagai sarana untuk mewadahi keluhan maupun masukan dari setiap pelanggan. Adapun faktor-faktor yang membantu keberhasilan ini yaitu pimpinan perusahaan yang mendukung kegiatan ini, staff menerima dengan baik setiap saran yang diberikan pada saat kegiatan pengabdian masyarakat, serta tersedianya fasilitas yang memadai seperti komputer, handphone dan jaringan interner dalam menunjang keberhasilan program tersebut.

Referensi

Da Silva, B. F., & Widiastuti, W. (2013). Sistem Informasi Pencatatan Keluhan Pelanggan Menggunakan Pendekatan UML (Studi Kasus: PT. Astra International Tbk.-Honda Sales Operation). Majalah Ilmiah Matematika Komputer.

Dwiya, K. G. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penanganan Komplain Terhadap Kepercayaan Pelanggan: Studi Kasus Pada Honda Astra Motor. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3(1), 75-87.

Grant, K., & Dumay, J. (2015). Leading Issues in Knowledge Management. United Kingdom: ACPIL.

Khaerana, K., & Mangiwa, B. (2021). Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT PLN (Persero). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(2), 163-171.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1, No. 2). Jilid.

Partogi, S. A., & Tjahjawati, S. S. (2019). Pengaruh Knowledge Sharing terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Milik Pemerintah. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 5(3), 46-57.

Raharso, S., & Tjahjawati, S. S. (2016). Organisasi Berbasis Pengetahun Melalui Knowledge Sharing. Alfabeta.

Simanjuntak, T., & Sitio, V. S. S. (2021). Pengaruh Knowledge Sharing dan Employee Engagement Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Narma Toserba, Narogong Bogor. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 2(1), 42-54.

Tjiptono, Fandy. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta:Andi

Widyatmika, M. A., Putra, T., & Indriani, M. N. (2019). Knowledge Management dalam Organisasi. Widya Teknik, 13(02), 1-15.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Ernawatiningsih, N. P. L. ., & Jaya, I. B. P. . (2023). UPAYA PENINGKATAN KUALITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN SPAREPARTS DI UD. SURYA PRAMARTHA MOTOR MELALUI KNOWLEDGE SHARING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 991–998. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7988