PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA MENINGKAKAN PENDAPATAN DAN PELATIHAN PEMBUKUAN DIGITAL PADA USAHA JASA MS FOTOCOPY UBUD

Penulis

  • I Made Sudiartana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Sri Eka Rahayu Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

MS Fotocopy, Media Sosial, Promosi, Pembukuan Digital

Abstrak

Kebutuhan ekonomi yang semakin tinggi mengharuskan masyarakat untuk berfikir kreatif dalam memenuhi kebutuhannya, dan jenis usaha yang berkembang untuk melayani kegiatan perkantoran salah satunya adalah usaha jasa fotocopy. Usaha fotocopy ialah jenis usaha yang menawarkan jasa dengan bantuan alat elektronik untuk membuat salinan suatu dokumen, buku dan lain-lain. Perkembangan usaha jasa mikro-kecil fotocopy ini nampak terlihat di Desa Pengosekan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. MS Fotocopy merupakan salah satu contoh perusahaan yang bergerak dibidang jasa yang menyediakan ATK dan Layanan Jasa Fotocopy. Dalam perkembangan saat ini penggunaan teknologi memberikan dampak yang signifikan dalam pemasaran dan pencatatan laporan keuangan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu untuk meningkatkan pendapatan pada MS Fotocopy dengan melakukan pendampingan pembuatan akun Instagram untuk mempromosikan usaha melalui media sosial serta pelatihan pada Karyawan mengenai pembukuan berbasis Digital untuk meminimalisir kesalahan pencatatan.

Referensi

Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat UNMAS Denpasar. 2022. Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat Universitas Mahasaraswasti Denpasar. LPPM: Denpasar

Aprilianti, L., & Abidin, M. Z. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi, Dan Lokasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Fotocopy Di Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin. Administraus, 5(2), 54-73.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Widyayanti, E. R. (2022). Pelatihan Manajemen Usaha: Pencatatan Keuangan Usaha Menggunakan Aplikasi Keuangan Digital. JCSE: Journal of Community Service and Empowerment, 3(1), 1-10.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Sudiartana, I. M. ., & Rahayu, N. P. S. E. . (2023). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA MENINGKAKAN PENDAPATAN DAN PELATIHAN PEMBUKUAN DIGITAL PADA USAHA JASA MS FOTOCOPY UBUD. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 968–971. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7983