PENERAPAN SOP SIMPAN PINJAM DAN SISTEM APLIKASI KOMPUTER PADA KSU SEDANA SATYA JAYA

Penulis

  • Ni Putu Shinta Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Idyardha Yudistira Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Koperasi, SOP, Aplikasi Komputer

Abstrak

Koperasi dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup anggota koperasi dan masyarakat di sekitarnya, untuk membantu kehidupan para anggota koperasi, membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, koperasi juga berperan serta dalam membangun tatanan perekonomian nasional. Perkembangan dan pertumbuhan koperasi akan semakin baik jika dalam sebuah koperasi memiliki pengelolaan yang baik dan perangkat operasional yang memadai. Salah satu sistem penting dalam pengelolaan koperasi adalah SOP. Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan sekumpulan operasional standar yang digunakan sebagai pedoman untuk tugas yang dilakukan berulang. Selain SOP, sistem aplikasi komputer merupakan salah satu faktor penting dalam pengelolaan koperasi. Aplikasi komputer merupakan suatu perangkat lunak komputer yang memiliki tugas atau fungsi tertentu yang sesuai dengan tujuan yang di inginkan oleh pembuat aplikasi atau programmernya.

Referensi

Ajusta, A. G., & Addin, S. (2018). Analisis penerapan standar operasional prosedur (sop) di departemen hrd pt sumber maniko utama. Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 181-189.

Harmayani, H., Abdilah, D., Mapilindo, M., Oktopanda, O., & Hutahaean, J. (2021). Aplikasi Komputer. Drestanta Pelita Indonesia Press, 1-89.

Hidayat, R., & Hayati, H. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Sop Perawat Pelaksana Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Di Rawat Inap Rsud Bangkinang. Jurnal Ners, 3(2), 84-96.

Santini, N. M., Sari, N. M. T., & Dewi, M. P. (2021). Pendampingan Penyusunan SOM dan SOP Ksp “Amerta Bumi” di Desa Sampalan Klod Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung. Community Service Journal (CSJ), 4(1), 134-141.

Sistem Aplikasi Komputer Yang Dapat Memudahkan Tugas Manusia. (2023). Diakses 7 Agustus 2023, from https://www.nbcdns.com/2016/09/sistem-aplikasi-komputer.html

Wahongan, E. P., Dotulong, L. O., & Saerang, R. (2021). Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP), Fasilitas, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di RSUD Noongan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3).

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Dewi, N. P. S. ., & Yudistira, I. B. I. . (2023). PENERAPAN SOP SIMPAN PINJAM DAN SISTEM APLIKASI KOMPUTER PADA KSU SEDANA SATYA JAYA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 964–967. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7982