UPAYA MENINGKATKAN PENERAPAN TEKNOLOGI MELALUI SOSIALISASI UNTUK MENYUKSESKAN PELAKSANAAN ANBK DAN MEMPERMUDAH PELAPORAN DANA BOS PADA SD NEGERI 1 ABIANBASE
Kata Kunci:
Teknologi, ANBK, ARKAS, SD Negeri 1 AbianbaseAbstrak
Perkembangan teknologi informasi sudah sangat berpengaruh terhadap segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia, tak terkecuali di aspek pendidikan. Adapun mitra dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu SD Negeri 1 Abianbase. SD Negeri 1 Abianbase merupakan sekolah yang wajib mengikuti ANBK dan melakukan pertanggungjawaban dana bos menggunakan ARKAS. Dimana hal tersebut mengakibatkan perlunya kemampuan dan wawasan yang lebih terkait penggunaan teknologi. Berdasarkan analisis situasi tersebut baik dari hasil observasi maupun wawancara, maka didapatkan permasalahan sebagai berikut: 1) Kurangnya kemampuan siswa dalam menjalankan dan mengaplikasikan sistem Exam serta kurangnya kemampuan siswa dalam memahami penggunaan laptop ; 2) Kurangnya pemahaman para guru dan bendahara dalam mengaplikasikan ARKAS untuk pelaporan dana BOS. Untuk Mengatasi Permasalahan diatas, maka penulis melakukan pengabdian masyarakat dalam upaya meningkatkan penerapan teknologi melalui sosialisasi untuk menyukseskan pelaksanaan ANBK dan mempermudah pelaporan dana BOS pada SD Negeri 1 Abianbase di Desa Abianbase, Gianyar pada tanggal 10 Juli – 18 Agustus 2023 dengan program kerja upaya meningkatkan penerapan teknologi melalui sosialisasi untuk menyukseskan pelaksanaan ANBK dan mempermudah pelaporan dana BOS pada SD Negeri 1 Abianbase berupa penjelasan mengenai cara mengaplikasikan exam dan perangkat laptop serta penjelasan tentang cara mengaplikasikan ARKAS. Dengan hasil siswa, sudah mampu mengikuti simulasi ANBK serta bendahara dan guru memhami ARKAS.
Referensi
LPPM. (2022). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif Peduli Pandemi Covid-19. Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar: LPPM Unmas Denpasar. Peduli Pandemi Covid-19 Periode I Tahun 2022.
Muflikhah, I.K., Rahmawati, A.D., & Wahyuningsih, S. (2021). Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021 Analisis Karakteristik Siswa MI/SD dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021, 1(1), 302-321. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-302-