PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI PELAKU UMKM DAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING

Penulis

  • I Putu Mega Juli Semara Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Pika Dinanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Digital Marketing, Pembukuan Sederhana

Abstrak

Salah satu UMKM yang belum menerapkan digital marketing yaitu “Made Silver” yang bergerak dalam bidang kerajinan perak dan sudah berpengalaman di bidangnya. UMKM ini memproduksi berbagai kerajinan perak untuk sarana upacara agama hindu, berupa bokor, canting, caratan, dll. Lokasi UMKM ini berada di Jl. Bale Batur Banjar Sangging Desa Kamasan, Kabupaten Klungkung. Usaha ini merupakan usaha turun temurun di keluarga tersebut sejak tahun 1990 dan saat ini usaha tersebut memiliki 5 pekerja. Adapun metode pendekatan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu dengan pendampingan secara langsung pada kegiatan pengoptimalisasian strategi pemasaran dengan digital marketing, serta penerapan pembukuan sederhana dalam upaya peningkatan daya saing UMKM.Setelah berjalannya kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan beberapa program kerja yang dilaksanakan mengenai penerapan pembukuan sederhana dan strategi pemasaran melalui digital marketing. Hasil yang dicapai melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat adalah sebagai berikut: 1. Di era sekarang ini, para pelaku UMKM hendaknya bisa memanfaatkan media digital sebagai salah satu upaya pemasaran produknya sehingga konsumen lebih mengenal produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut 3. UMKM perlu disiplin dan membiasakan melakukan pembukuan untuk usahanya, agar terbiasa dan mempunyai laporan keuangan untuk menhajikan perkreditan, ataupun untuk dilaporkan pada proposal bisnis.

Referensi

Chairia, C., Ginting, J. V. B., Ramles, P., & Sabrina, Y. (2021). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Umkm Pancur Batu Di Desa Baru Kecamatan Pancur Batu. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 323-330.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM melalui digital marketing untuk membantu pemasaran produk pada masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6-13.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30 — Diperbaharui pada 2023-11-30

Versi

Cara Mengutip

Putra, I. P. M. J. S. ., & Dinanti, N. K. P. . (2023). PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI PELAKU UMKM DAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 944–949. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7976