PENGEMBANGAN UMKM MINYAK KELAPA MELALUI INOVASI PENGEMASAN PRODUK DAN DIGITAL MARKETING SERTA PENERAPAN PEMBUKUAN SEDERHANA DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN SEKAR SANDAT VCO

Penulis

  • I Dewa Made Endiana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ariani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Minyak Kelapa, Laporan Keuangan Sederhana, Pengelolaan Akun Media Sosial, Logo kemasan

Abstrak

Perkembangan UMKM kini semakin berjalan merata baik di kota-kota besar maupun kota kecil di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh adanya kemajuan teknologi, para pelaku usaha kini bisa memulai bisnisnya dan mengembangkannya melalui bantuan teknologi. Salah satu UMKM yang berkembang di Kabupaten Klungkung yaitu “Sekar Sandat VCO. UMKM Sekar Sandat VCO merupakan salah satu industri rumah tangga (home industry) di kabupaten klungkung tepatnya di semarapura kelod yang beralamat di Jalan cempaka gang VIII no: 9, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali. Pada UMKM Sekar Sandat VCO terdapat beberapa masalah yang terjadi khususnya pada penjualan yang masih belum mencapai target yang telah ditentukan dan pemilik menyatakan jangkauan pemasaran produk mereka hanya sampai di lingkungan sekitar saja. Solusi yang dapat diberikan adalah melakukan pelatihan pembuatan sistem laporan keuangan sederhana dengan Microsoft Excel, mensosialisasi kepada mitra dalam pembuatan dan pengelolaan akun media sosial sebagai media promosi untuk pengembangan usaha, serta membantu mitra dalam medesain logo kemasan. Metode yang digunakan yaitu, tahap observasi, tahap wawancara, tahap penerapan program kerja (sosialisasi, komunikasi, dan pendampingan secara langsung). Ketercapaian dari kegiatan ini adalah mitra dapat melakukan sistem pencatatan keuangan dengan menggunakan microsoft exel dan tidak menggunakan sistem manual, membuat konten dan mampu dalam mengelola akun sosial media sehingga mempermudah dan menarik konsumen atau pembeli, serta mampu dalam mendesain logo usaha sekaligus stiker kemasan untuk produk yang akan dipasarkan.

Referensi

Dewi, N. Y. S., Ghazali, M., Wardi, H. K., & Nurhayati, N. (2023). Pengembangan Industri Rumah Tangga Minyak Kelapa Melalui Inovasi Pengemasan Produk dan Digital Marketing di Desa Beleka. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 201-207.

Hansang, D. I., Tooy, D., & Ludong, D. P. (2022, March). Kajian Proses Produksi Minyak Kelapa Dengan Menggunakan Alat Dan Mesin Pengolahan Kelapa Skala Industri Kecil. In Cocos (Vol. 1, No. 1).

Sujana, I. G. H. R. (2023). Workshop Pengenalan Cara Pembuatan Virgin Coconut Oil Untuk Mendukung UMKM Desa Peninjoan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 177-183.

Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119-123.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Endiana, I. D. M. ., & Ariani, N. P. . (2023). PENGEMBANGAN UMKM MINYAK KELAPA MELALUI INOVASI PENGEMASAN PRODUK DAN DIGITAL MARKETING SERTA PENERAPAN PEMBUKUAN SEDERHANA DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN SEKAR SANDAT VCO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 937–943. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7975