PENINGKATAN PENGETAHUAN E-CATALOGUE DAN PEMBUKUAN STOK BARANG SEDERHANA PADA PERUSAHAAN KONTRAKTOR DI DESA TAMANBALI BANGLI

Penulis

  • Ni Nyoman Ayu Suryandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Frischa Faradilla Arwinda Mongan Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • I Made Agus Juliarta Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Digitalisasi, e-catalogue, Jasa Konstruksi, Pembukuan

Abstrak

Perkembangan teknologi ke arah digital yang semakin pesat mengubah beragam bentuk kegiatan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan bisnis, pemerintah, hingga kehidupan sosial dalam masyarakat. Hal tersebut berdampak pada perusahaan yang harus beradaptasi akan teknologi tersebut. Salah satu jenis perusahaan yang harus beradaptasi adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi hal tersebut karena sejalan dengan adanya kebijakan pemerintah Nomor 9 Tahun 2021 yang menjelaskan bahwa Pemasok Pengadaan Barang/Jasa salah satunya penyedia jasa konstruksi harus memanfaatkan katalog elektronik (E-Katalog) dalam pemasaran produknya, permasalahan lain yang dialami oleh perusahaan adalah masih kesulitan dalam pengelolaan bahan yang akan digunakan dalam proses produksi karena SDM yang ada didalam perusahan belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pembuatan pembukuan stok barang sederhana. Adapun program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan adalah memberikan pelatihan mengenai cara pembuatan katalog produk, pelatihan mengenai cara pemasaran melalui e-catalogue, dan pelatihan pembuatan pembukuan sederhana. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah agar perusahaan jasa konstruksi dapat melaksanakan instruksi sesuai undang-undang dan bisa terus berinovasi seiring perkembangan teknologi serta perusahaan jasa konstruksi mampu mengelola dan mengetahui persediaan bahan dalam gudang untuk proses produksi.  Metode yang digunakan adalah metode penyuluhan dan pelatihan mengenai cara pembuatan katalog produk, pemasaran melalui e-catalogue, dan pembuatan pembukuan stok barang sederhana. Hasil pengabdian ini membuat perusahaan jasa konstruksi memiliki pengetahuan mengenai cara pembuatan katalog produk dan cara pemasaran melalui e-catalogue sehingga diharapkan dapat melaksanakan instruksi pemerintah dan meningkatkan pendapatan. Selain itu, mitra juga memiliki pengetahuan mengenai cara pembuatan pembukuan stok barang sederhana sehingga mampu mengelola dan mengetahui persediaan bahan untuk proses produksi.

Referensi

Alaloul, W. S., Liew, M. S., Zawawi, N. A. W. A., & Kennedy, I. B. (2019). "Industrial Revolution 4.0 in the construction industry: Challenges and opportunities for stakeholders". Ain Shams Engineering Journal, (xxxx). https://doi.org/10.1016/j.asej.2019.08.010.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Jurnal Ilmiah INFOKAM, No II, hal. 116-123.

Diani, F., & Lubis, F.A. (2022). Analisis Implementasi E-Katalog Terhadap Perkembangan UMKM di Kota Medan dalam Mendukung Kemajuan Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol 8, No.2, hal. 1970-1981.

Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital Pada Strategi Pemasaran Teknologi pada Strategi Pemasaran dan Jalur Distirbusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Vol 6, No.1, hal. 69-74.

Munawaroh, S. (2006). Perancangan Sistem Informasi Persedian Barang. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Vol XI, No.2, hal. 124-133.

Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), Vol 1, No 1, hal. 42-51.

Tumelap, J., Sumajouw, M. D., & Waney, E. V. (2014). Analisis Kinerja Perusahaan Jasa Pelaksana Konstruksi (Studi Kasus di Kabupaten Sarmi). Jurnal Ilmiah Media Engineering, Vol 4, No 2.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Suryandari, N. N. A. ., Mongan, F. F. A. ., & Juliarta, I. M. A. . (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN E-CATALOGUE DAN PEMBUKUAN STOK BARANG SEDERHANA PADA PERUSAHAAN KONTRAKTOR DI DESA TAMANBALI BANGLI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 929–936. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7974