UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM ANGKRINGAN REMAJJA

Penulis

  • Putu Kepramareni Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Triwidyaningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Digital marketing, UMKM, Angkringan Remajja

Abstrak

Kegiatan pemasaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital seringkali disebut dengan digital marketing. Pada era globalisasi saat ini, UMKM merupakan salah satu usaha yang digemari masyarakat karena UMKM adalah sebuah usaha yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Adapun mitra dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu Angkringan Remajja dimana Angkringan ini telah berdiri selama 1 tahun sejak tahun 2022, Angkringan remajja merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang kuliner, angringan ini termasuk salah satu angkringan yang sudah memiliki konsumen tetap. Akan tetapi dalam kegiatan pemasarannya masih sangat minim dan cenderung masih tradisional. Berdasarkan analisis situasi tersebut baik dari hasil observasi maupun wawancara, maka didapatkan  permasalahan sebagai berikut: 1) Kurangnya pemanfaatan media sosial, sehingga belum  banyak orang yang mengetahui Angkringan Remajja tersebut; 2) Angkringan Remajja belum terdaftar pada Google Maps sehingga banyak orang yang masih kebingungan dalam mencari lokasi mitra. Untuk Mengatasi Permasalahan diatas, maka penulis melakukan pengabdian masyarakat dalam upaya meningkatkan penjualan melalui strategi pemasaran digital marketing pada UMKM Angkringan Remajja di Desa Panjer, Denpasar Selatan pada tanggal 10 Juli – 18 Agustus 2023 dengan program kerja upaya meningkatkan penjualan melalui strategi pemasaran digital marketing pada UMKM Angkringan Remajja berupa penjelasan tentang pentingnya peranan digital marketing bagi perkembangan bisnis UMKM, terutama dalam hal meningkatkan kegiatan promosi sehingga mendapatkan laba sesuai target serta praktek langsung disertai cara pembuatan akun di media digital. Dengan hasil karyawan sudah mampu melakukan promosi di media sosial dengan memanfaatkan digital marketing yaitu instagram.

Referensi

Santoso, R. (2020). REVIEW OF DIGITAL MARKETING & BUSINESS SUSTAINABILITY OF E-COMMERCE DURING PANDEMIC COVID-19 IN INDONESIA. JIET: Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan. 5 (2).

Silviana, Ms (2020) Pengaruh Digital Marketing Terhadap Tingkat Penjualan Melalui Sosial Media (Studi Kasus Di Kecamatan Bone-Bone). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palopo.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Kepramareni, P. ., & Triwidyaningsih, I. G. A. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM ANGKRINGAN REMAJJA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 919–924. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7972