PENERAPAN EKONOMI DIGITAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN DI ERA NEW NORMAL PADA BAMBOO COFFEE

Penulis

  • Ni Made Satya Utami Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Riyan Putra Richadinata Universitas Bali Internasional
  • Ketut Darmayasa Akademi Komunitas Mapindo
  • Ni Kadek Rahayu Intan Febry Susanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Ekonomi digital, Pelayanan, New normal

Abstrak

Pada era digital, UMKM memiliki kesempatan meningkatkan kinerja bisnis (business performance) dengan menggunakan internet untuk memperluas jaringan usaha. Penggunaan software atau aplikasi dengan jaringan internet dapat mempermudah akses baik internal maupun eksternal termasuk akses ke penyedia dan konsumen. Aplikasi digital merupakan aplikasi yang sangat membantu kegiatan operasional sebuah usaha. Penerapan ekonomi digital dalam upaya meningkatkan pelayanan di era New Normal pada Bamboo Coffee telah menyediakan sistem ekonomi digital dengan menggunakan aplikasi GoBiz yang memiliki berbagai fitur seperti GoFood, Gopay, GoKasir dan GoFresh sehingga memudahkan karyawan dalam menginput pesanan serta memudahkan customer memesan dan membayar pesanan hanya menggunakan sebuah handphone. Pada era new normal ini memang banyak sekali berdampak pada perubahan-perubahan khususnya dalam bidang teknologi. Selain bisa tanpa berinteraksi langsung dengan karyawan, customer juga dapat mengefisienkan waktu dan tenaga hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Referensi

Adiningsih, S. (2019). Tranformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia: Lahirnya Tren Baru Teknologi, Bisnis, Ekonomi, dan Kebijakan di Indonesia. Gramedia Pustaka Utama. https://www.gramedia.com/products/transformasi-ekonomi-berbasis-digital-di-indonesia-lahirnya-tren-baru-teknologi-bisnis-ekonomi-dan-kebijakan-di-indonesia

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, & Kebudayaan, K. P. dan. (2021). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 021). http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/06/Buku-Panduan-IKU-2021-28062021.pdf

Fai. (2023). Ekonomi Digital Indonesia. In Article (Issue November, pp. 1–6). https://umsu.ac.id/berita/ekonomi-digital-indonesia/

Kamim, A. B. M., & Khandiq, M. R. (2019). Gojek dan Kerja Digital : Kerentanan dan Ilusi Kesejahteraan yang Dialami Oleh Mitra Pengemudi Dalam Kerja Berbasis Platform Digital. Jurnal Studi Pemuda, 8(1), 57. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.45240

Pradnyana, I. G. . O., Astakoni, I. M. P., & Utami, N. M. S. (2020). Komitmen Sumber Daya Manusia Sektor Publik Berbasis Kepemimpinan Spiritual Melalui Spiritualitas Di Tempat Kerja. Widya Manajemen, 2(2), 27–42. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v2i2.877

Sariani, N. L. P., & Utami, N. M. S. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Sistem Informasi Manajemen Di Era New Normal. Community Development Journal, 5(1), 205–212. https://doi.org/10.33086/cdj.v5i1.1960

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.

Utami, N. M. S., Sandrya, N. L. P., & Dwijana, I. G. K. (2023). Pengrajin Industri Rumah Tangga berbasis teknologi menuju UMKM Naik Kelas. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JMAS), 2(3), 843–854.

Utami, N. M. S., Verawati, Y., Ardianti, P. N. H., Ribek, P. K., & Astakoni, I. M. P. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen Usaha Kerajinan Limbah Batu Padas Di Kabupaten Badung Bali. Jurmas Sosial Dan Humaniora, 2(2), 95–101. https://doi.org/https://doi.org/10.47841/soshum.v2i2.141

Utami, N. M. S., & Wedasuari, I. A. M. (2019). Motivasi, Kepemimpinan kepala Sekolah, Dan Budaya Organisasi Sebagai Faktor Penentu Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan (Studi Empiris Pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Denpasar Barat) Oleh. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian-Denpasar, 1–18. https://ojs.stimihandayani.ac.id/index.php/PROSIDING/article/view/363

Wibowo, E. W. (2018). Analisis Ekonomi Digital Dan Keterbukaan Terhadap Pertumbuhan GDP Negara ASEAN. Jurnal Lentera Bisnis, Vol. 7(2, November), 67–80.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Utami, N. M. S., Richadinata, K. R. P., Darmayasa, K., & Susanti, N. K. R. I. F. (2023). PENERAPAN EKONOMI DIGITAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN DI ERA NEW NORMAL PADA BAMBOO COFFEE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 895–901. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7965