PENERAPAN EKONOMI DIGITAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN DI ERA NEW NORMAL PADA BAMBOO COFFEE
Kata Kunci:
Ekonomi digital, Pelayanan, New normalAbstrak
Pada era digital, UMKM memiliki kesempatan meningkatkan kinerja bisnis (business performance) dengan menggunakan internet untuk memperluas jaringan usaha. Penggunaan software atau aplikasi dengan jaringan internet dapat mempermudah akses baik internal maupun eksternal termasuk akses ke penyedia dan konsumen. Aplikasi digital merupakan aplikasi yang sangat membantu kegiatan operasional sebuah usaha. Penerapan ekonomi digital dalam upaya meningkatkan pelayanan di era New Normal pada Bamboo Coffee telah menyediakan sistem ekonomi digital dengan menggunakan aplikasi GoBiz yang memiliki berbagai fitur seperti GoFood, Gopay, GoKasir dan GoFresh sehingga memudahkan karyawan dalam menginput pesanan serta memudahkan customer memesan dan membayar pesanan hanya menggunakan sebuah handphone. Pada era new normal ini memang banyak sekali berdampak pada perubahan-perubahan khususnya dalam bidang teknologi. Selain bisa tanpa berinteraksi langsung dengan karyawan, customer juga dapat mengefisienkan waktu dan tenaga hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi.
Referensi
Adiningsih, S. (2019). Tranformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia: Lahirnya Tren Baru Teknologi, Bisnis, Ekonomi, dan Kebijakan di Indonesia. Gramedia Pustaka Utama. https://www.gramedia.com/products/transformasi-ekonomi-berbasis-digital-di-indonesia-lahirnya-tren-baru-teknologi-bisnis-ekonomi-dan-kebijakan-di-indonesia
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, & Kebudayaan, K. P. dan. (2021). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 021). http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/06/Buku-Panduan-IKU-2021-28062021.pdf
Fai. (2023). Ekonomi Digital Indonesia. In Article (Issue November, pp. 1–6). https://umsu.ac.id/berita/ekonomi-digital-indonesia/
Kamim, A. B. M., & Khandiq, M. R. (2019). Gojek dan Kerja Digital : Kerentanan dan Ilusi Kesejahteraan yang Dialami Oleh Mitra Pengemudi Dalam Kerja Berbasis Platform Digital. Jurnal Studi Pemuda, 8(1), 57. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.45240
Pradnyana, I. G. . O., Astakoni, I. M. P., & Utami, N. M. S. (2020). Komitmen Sumber Daya Manusia Sektor Publik Berbasis Kepemimpinan Spiritual Melalui Spiritualitas Di Tempat Kerja. Widya Manajemen, 2(2), 27–42. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v2i2.877
Sariani, N. L. P., & Utami, N. M. S. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Sistem Informasi Manajemen Di Era New Normal. Community Development Journal, 5(1), 205–212. https://doi.org/10.33086/cdj.v5i1.1960
Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.
Utami, N. M. S., Sandrya, N. L. P., & Dwijana, I. G. K. (2023). Pengrajin Industri Rumah Tangga berbasis teknologi menuju UMKM Naik Kelas. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JMAS), 2(3), 843–854.
Utami, N. M. S., Verawati, Y., Ardianti, P. N. H., Ribek, P. K., & Astakoni, I. M. P. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen Usaha Kerajinan Limbah Batu Padas Di Kabupaten Badung Bali. Jurmas Sosial Dan Humaniora, 2(2), 95–101. https://doi.org/https://doi.org/10.47841/soshum.v2i2.141
Utami, N. M. S., & Wedasuari, I. A. M. (2019). Motivasi, Kepemimpinan kepala Sekolah, Dan Budaya Organisasi Sebagai Faktor Penentu Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan (Studi Empiris Pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Denpasar Barat) Oleh. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian-Denpasar, 1–18. https://ojs.stimihandayani.ac.id/index.php/PROSIDING/article/view/363
Wibowo, E. W. (2018). Analisis Ekonomi Digital Dan Keterbukaan Terhadap Pertumbuhan GDP Negara ASEAN. Jurnal Lentera Bisnis, Vol. 7(2, November), 67–80.