SOSIALISASI PENANGANAN KREDIT MACET DAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN SISTEMATIS PADA KOPERASI SERBA USAHA BANJAR PASEKAN

Penulis

  • Ni Made Sintya Surya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Cahyadi Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Desak Made Mya Yudia Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Ari Perdana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kredit macet, Laporan keuangan

Abstrak

Kebutuhan finansial di kalangan masyarakat, khususnya di negara berkembang semakin meningkat, hal yang mendorong nasabah untuk mengajukan kredit. Meningkatnya pengajuan kredit oleh masyarakat memiliki resiko yaitu kredit macet. Kredit macet adalah suatu keadaan dimana debitur baik perorangan atau perusahaan tidak mampu membayar kredit tepat pada waktunya. Berdasarkan hasil observasi pada KSU Banjar Pasekan, permasalahan yang ditemukan yaitu nasabah yang mengalami kredit macet dan belum memiliki pencatatan laporan keuangan sistematis. Dengan adanya pengabdian masyarakat dapat memberikan solusi yaitu sosialisasi penanganan kredit macet dan membuat laporan keuangan sistematis menggunakan sistem excel pada komputer. Solusi ini ditawarkan agar dapat membantu dalam meningkatkan kegiatan operasional KSU dalam hal meningkatkan jumlah keuntungan dan untuk mempermudah serta menghindari kesalahan dalam pencatatan laporan keuangan pada KSU Banjar Pasekan.

Referensi

Ananda Shenia & Rouf Irwan. (2011). Buku Pintar Menguasai Microsoft Excel. Jakarta: Mediakita.

Hendry Hartono (2020) Analisis Permasalahan Kredit Macet dalam Bidang Perbankan di Indonesia

Muhtar, Lukman (2017) Penyelesaian Kredit Macet Pada Koperasi Serba Usaha Surya Kabupaten Barru Dikaitkan Dengan Pasal 1243 KUHPerdata.

Baridwan, Zaki. (2003). Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE.

LPPM Unmas. (2021). Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Dewi, N. M. S. S., Putra, I. G. C., Sari, D. M. M. Y., & Perdana, I. W. A. (2023). SOSIALISASI PENANGANAN KREDIT MACET DAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN SISTEMATIS PADA KOPERASI SERBA USAHA BANJAR PASEKAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 878–882. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7962