PENDAMPINGAN TATA KELOLA PERUSAHAAN DALAM UPAYA PENYULUHAN, PEMILAHAN SAMPAH, DAN PENGADAAN TEMPAT SAMPAH DI NEMESIS RESTAURANT & LOUNGE

Penulis

  • Ni Kadek Nonik Rasminingsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Widnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Komang Tiara Pratistha Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Arika Swandewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pengabdian masyarakat, Lingkungan, Sampah, Penyuluhan, Pemilahan

Abstrak

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan pengetahuan akademik, serta memberikan pembaharuan yang diperlukan dalam pemberdayaan daerah. Pembaharuan yang saya lakukan dalam program pengabdian masyarakat yaitu mengenai perlindungan terhadap lingkungan melaluai pengelolaan sampah. Lingkungan adalah entitas dinamis yang dapat terpengaruh oleh campur tangan manusia, sehingga terjadi penurunan kualitas lingkungan. Permasalahan lingkungan tidak hanya berkaitan dengan alam, tetapi juga dipengaruhi oleh kegiatan manusia. Sampah adalah barang atau benda yang tidak digunakan lagi dan dibuang. Sampah terbentuk sebagai hasil aktivitas manusia dan terdiri dari bahan-bahan yang sama dengan yang berguna, tetapi kurang bernilai karena tercampur dan komposisinya tidak diketahui. Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan berbagai penyakit, menimbulkan pencemaran lingkungan, mengakibatkan banjir, TPA penuh yang bisa mengakibatkan longsor dan korban jiwa, serta pemanasan global akibat gas metan dari sampah. Penyuluhan dilakukan agar masyarakat memiliki pemahaman mengenai dampak yang ditimbulkan dari sampah dan mengedukasi mengenai pengelolaan dan pemilahan sampah yang seringkali dianggap sepele. Padahal, dampaknya akan kembali pada masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan penyuluhan mengenai pemilahan sampah untuk mempermudah proses pengolahan. Pemilahan sampah dapat diartikan sebagai upaya pemisahan sampah yang dilakukan pada tahap awal sebelum sampah diolah. Proses pemilahan sampah ini dilakukan berdasarkan jenis sampahnya, dengan pengadaan tempat sampah yang cukup. Dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat secara Alternatif Universitas Mahasaraswati, maka ditetapkan salah satu tempat yang dijadikan sasaran untuk kegiatan tersebut, yaitu Nemesis Restaurant and Lounge yang berlokasi di Jl. Bukit tinggi, No. 88x, Mengwitani, Mengwi, Badung, Bali.

Referensi

Buku Panduan Pengabdian Masyarakat Program Studi Manajemen dan Akuntansi. 2023. FEB Unmas Denpasar

Dongoran, H.S, Harahap R.H, dan Tarigan U. 2018. Implementasi Peraturan Walikota Medan tentang Unit Pelaksanaan Teknis Pelayanan Kebersihan dan Bank Sampah. Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal. 8(1):47-64.

Muntasyarah A. 2022. Implementasi program zero waste di Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui peran ibu di rumah tangga. Jurnal Silva Samalas. 4(2):9-19.

Putra, R.A dan Wahid A. 2021. Perancangan dan pembuatan prototipe mesin pengepress hidrolik limbah plastik. Journal Mechanical and Manufacture Technology Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), Vol. 3, No. 1, Juni 2022 69 (JMMT). 2(1):27-34

Qadri U, Wahyuni R, dan Listiyawati L. 2020. Inovasi manajemen pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan di Kota Pontianak berbasis aplikasi. Eksos. 16(2):144-160.

Saptenno, M.J, Saptenno, L.B, dan Timisela N.R. 2022. Faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran masyarakat pesisir terhadap pengelolaan sampah di Perairan Teluk Ambon Kota Ambon. Jurnal Ilmu Lingkungan. 20(2):365-374.

Wiranata, I.J, Inayah. A, Rachmawati. T. 2023. Praktik Pengelolaan Sampah Terbaik Dunia: Analisis Kelemahan Bandar Lampung. Jurnal Hubungan Internasional Indonesia, Vol. 5, No. 1.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Rasminingsih, N. K. N., Widnyana, I. W., Sari, I. A. K. T. P., & Swandewi, N. K. A. (2023). PENDAMPINGAN TATA KELOLA PERUSAHAAN DALAM UPAYA PENYULUHAN, PEMILAHAN SAMPAH, DAN PENGADAAN TEMPAT SAMPAH DI NEMESIS RESTAURANT & LOUNGE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 845–849. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7956