MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN APLIKASI LPD MOBILE SERTA MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA NASABAH DI LPD DESA ADAT UBUNG

Penulis

  • Tiksnayana Vipraprastha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Leoni Anggita Devi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

LPD, LPD Mobile, Pelayanan

Abstrak

LPD adalah lembaga keuangan yang dimiliki Desa Pekraman, yang melakukan fungsi keuangan serta melakukan pengelolaan sumber daya keuangan yang menjadi milik Desa Pakraman didalam bentuk simpan pinjam. Penyedia kebutuhan pembiayaan hidup anggota masyarakat Desa Pakraman, baik dengan sendiri ataupun dengan bersama, didalam rangka mengembangkan fungsi sosio-kultural juga keagamaan masyarakat Desa Pakraman. LPD Mobile diluncurkan dalam rangka untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi keuangan elektronik menggunakan smartphone, adapun fitur yang tersedia dalam aplikasi LPD Mobile yaitu melihat jumlah tabungan ataupun simpanan, informasi mutasi rekening tabungan, informasi riwayat kredit atau pinjaman, pembayaran seperti pembayaran jasa telekomunikasi dan PLN Postpaid, pembelian seperti pembelian pulsa, kuota dan token listrik, yang tidak kalah penting aplikasi LPD Mobile juga bisa transfer ke rekening bank lain. Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik pada masing-masing sub bagian di LPD Desa Adat Ubung secara berkala sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. Melakukan sosialisasi secara menyeluruh kepada karyawan LPD merupakan salah satu langkah awal yang berperan sebagai sumber informasi demi meningkatnya jumlah pengguna LPD Mobile sebagai alat transaksi yang mempermudah kegiatan masyarakat. Peran penting karyawan LPD secara umum berkesempatan meningkatkan pelayanan serta citra sebagai lembaga desa yang jujur dan inovatif.

Referensi

Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Mizan Pustaka.

Nurjaya, I. N. (2011). Landasan Teoritik Pengaturan LPD (Sebagai Lembaga Keuangan

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Tilaar. H. A. R. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan: Kajian Manajemen Pendidikan Nasional Dalam Pusara Kekasaan. Jakarta: Riniki Cipta chatib, munif. 2011. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Vipraprastha, T., & Devi, N. P. L. A. (2023). MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN APLIKASI LPD MOBILE SERTA MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA NASABAH DI LPD DESA ADAT UBUNG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 822–828. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7952