PENERAPAN SOFTWARE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MENDUKUNG RESERVASI ONLINE DI SALON LUVYABEAUTY

Penulis

  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Hofiatul Jannah Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Digitalisasi software CRM, Salon, Loyalitas

Abstrak

Salon luvyabeauty yang beralamat di Jalan Mekar II C Utama No. 26 Pemogan, Denpasar Selatan yang berdiri sejak tahun 2016. Digitalisasi adalah proses konversi dari analog ke digital. Proses perubahan ke digital memiliki tujuan yang beragam, diantaranya adalah otomatis kerja dan memberikan kualitas layanan. Digitalisasi software CRM adalah proses perubahan dari promosi, penanganan complain, dan layanan produk atau jasa yang berkaitan dengan salon yang terjadi secara manual berubah menjadi bentuk digital. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan digitalisasi software CRM pada salon luvyabeauty bidang layanan jasa kecantikan di kota Denpasar. Pada hasil observasi kegiatan pengabdian Masyarakat ini, bahwa salon luvyabeauty kurang melakukan digitalisasi terkait reservasi, kurangnya media promosi dan belum efektifnya penanganan dan penyampaian complain. Kegiatan pengabdian Masyarakat di salon luvyabeauty telah dilaksanakan dan telah berhasil dilakukan dengan baik. Dengan cara pembuatan platfrom digitalisasi software CRM. Dengan ini maka diharapkan program ini akan terus berlangsung kedepannya dengan harapan agar kinerja UMKM ini semakin baik dan meningkat.

Referensi

Abdurrahman, M.M. (2018) ‘Implementasi Customer Relationship Management (CRM), Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 12(1), pp. 29-36.

Rosalina, V et al, S. (2018) ‘Pemodelan Eletronic Customer Relationship Management (E-CRM), jurnal PROSISKO, 5(2), pp. 87-91

Rosmawarni N. (2017) Perencangan Sistem Rekomendasi untuk Pengembangan Aplikasi Salon Terpadu Berbasis Android, Jurnal Rekayasa Informasi, 6(1), pp. 61-70

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Manek, D., & Jannah, H. (2023). PENERAPAN SOFTWARE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MENDUKUNG RESERVASI ONLINE DI SALON LUVYABEAUTY. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 812–816. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7950