STRATEGI PEMASARAN DENGAN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MEMBANTU UMKM PENJAHIT DI LINGKUNGAN BANJAR RAKETAN DESA TAMAN

Penulis

  • I Nyoman Resa Adhika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Putu Gita Pratama Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, Penurunan penjualan, Penggunaan media sosial

Abstrak

Covid-19 pertama kali dilaporkan masuk ke Indonesia pada tanggal 2 Maret tahun 2020. Wabah ini sangat berdampak pada kegiatan ekonomi di Indonesia. Dengan adanya pandemi ini sangat menghancurkan sektor perekonomian. Dampak pandemi paling terasa terjadi pada sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Indonesia yang didominasi oleh keberadaan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional terdampak secara serius. Desa Taman merupakan salah satu desa yang ada pada Kabupaten Badung. Di Desa ini, terutama pada lingkungan Banjar Raketan terdapat salah satu UMKM yang bergerak dibidang jasa (penjahit). Dampak pandemi Covid 19 sangat dirasakan oleh pemilik UMKM ini, dimana terjadi penurunan penjualan akibat turunnya daya beli masyarakat. Dalam memasarkan produknya, UMKM ini hanya memanfaatkan pemasaran dari mulut ke mulut, sehingga para konsumennya hanyalah orang sekitar. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman pelaku UMKM terhadap penggunaan media sosial seperti facebook dan instagram sebagai media promosi dan pemasaran produknya. Padahal strategi pemasaran dengan penggunaan media sosial dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penjualan.

Referensi

Bahtiar, R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Jurnal Isu Aktual Dan Strategis, XII(6), 19–24.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62–76.

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pademi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi, 10(1), 90–98.

Pakpahan, Kristian A. 2020. Covid-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional.

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 1–5.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Adhika, I. N. R., & Pratama, I. G. N. P. G. (2023). STRATEGI PEMASARAN DENGAN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MEMBANTU UMKM PENJAHIT DI LINGKUNGAN BANJAR RAKETAN DESA TAMAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 808–811. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7949