INOVASI DAN DIGITALISASI UMKM COFFEE & EATRY “UMA PALAK REST AREA” DALAM PENINGKATAN KUALITAS SDM DAN PENGEMBANGAN USAHA

Penulis

  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwini Suryabelanti Dyaus Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Sumber daya manusia, Media sosial, Era digital, Pelatihan

Abstrak

Perkembangan usaha di zaman sekarang menyebabkan banyak pengusaha muda berlomba-lomba untuk membangun usaha baru seperti UMKM. Salah satu UMKM baru juga berkembang yaitu UMKM Coffee & Eatery “Uma Palak Rest Area” yang terletak di Jl. Ahmad Yani Utara Subak Palak No. 9 Peguyangan, Denpasar Utara. UMKM ini termasuk ke dalam usaha baru, permasalahan UMKM ini muncul karena kurangnya pengalaman dalam dunia usaha bagi karyawan mengakibatkan beberapa karyawan belum mampu memahami SOP yang diterapkan perusahaan yang mengakibatkan SOP yang diterapkan belum bisa dilaksanakan dengan baik, serta pengelolaan akun untuk pemasaran masih rendah. Solusi yang dapat diberikan adalah mengadakan sosialisasi dan pelatihan tentang penguatan SOP dengan melakukan branding kafe dan skill training, melakukan pelatihan pengelolaan akun media sosial untung pengembangan usaha dan membuat prosedur dan aturan mengenai schedule atau pergantian shif dalam meningkatkan efektifitas karyawan dengan menggunakan Microsof Excel. Metode yang digunakan yaitu, tahap observasi, tahap wawancara, tahap penerapan program kerja (sosialisasi, komunikasi, dan pendampingan secara langsung). Ketercapaian dari kegiatan ini adalah mitra dapat melakukan sistem shcedule pergantian shif dengan menggunakan microsoft exel dan tidak menggunakan sistem manual seperti mencatat schedule menggunakan papan tulis, mitra dapat membuat konten dan mengelola akun media social sehingga mempermudah dan menarik konsumen atau pembeli.

Referensi

Latifa, N. H., & Rochdiani, D. (2019). Kajian Strategi Pemasaran Usaha Kedai Kopi Kadaka Cafetaria di Kota Bandung. Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 4(1)

Mandasari. 2019. Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Artikel

Mondy, R. Wayne. (2008.) Manajemen Sumber Daya Manusia. Terj. Edisi kesepuluh jilid I bekerja sama dengan Penerbit Erlangga. Jakarta: Erlangga.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Jodi, I. W. G. A. S., & Putri, N. M. D. S. D. (2023). INOVASI DAN DIGITALISASI UMKM COFFEE & EATRY “UMA PALAK REST AREA” DALAM PENINGKATAN KUALITAS SDM DAN PENGEMBANGAN USAHA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 802–807. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7948