PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING DAN PACKAGING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM JAJANAN KHAS BALI IBU WAYAN DI DESA PENATIH
Kata Kunci:
UMKM, Jajanan khas Bali, Metode, ProgramAbstrak
Tujuan diselenggarakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada UMKM Jajanan Khas Bali Ibu Wayan Jl. Siulan Gg. Ratna No.1 Penatih, sudah terlaksana dengan optimal atau belum dan mengetahui kendala apa saja yang dihadapi mahasiswa selama menjalankan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada UMKM Jajanan Khas Bali Ibu Wayan Jl. Siulan Gg. Ratna No.1 Penatih. Metode pelaksanaan yang diterapkan saat pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada UMKM Jajanan Khas Bali Ibu Wayan Jl. Siulan Gg. Ratna No.1 Penatih adalah dimulai dengan metode survei, pembekalan, pelatihan hingga pendampingan. Dimana ilmu yang kita pelajari dibangku perkuliahan dapat kita implementasikan kepada masyarakat. Metode evaluasi pelaksanaan program pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ditinjau dari keberlangsungan program kerja dan keefektifan, keberlangsungan program pada sasaran dari setiap program kerja.
Referensi
LPPM. 2021. Buku Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Peduli Bencana COVID- 19 (KAPPC) Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar.
Hidayat, Rahmat. “Pengertian, Fungsi dan Indikator Kemasan (Packaging) Suatu Produk”.KitaPunya.net,23 Desember 2018.
Tjiptono dan Diana. 2020. Pemasaran. Makassar:ANDI.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga.