STRATEGI PENINGKATAN PENYEWAAN KAMAR MELALUI DIGITAL MARKETING DAN PENINGKATAN DAYA TARIK PENYEWA DI HOTEL IJO ECHO LODGE

Penulis

  • Ni Putu Ayu Sintya Saraswati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Mahadira Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Strategi digital marketing, Konten menarik, Branding yang tepat

Abstrak

Hotel Ijo adalah hotel bintang tiga, Hotel Ijo ini berlokasi di Jalan Pengadangan Mengwi Badung, yang lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau. Hotel ini merupakan Hotel yang memiliki fasilitas terbaik di Badung bagian utara dan telah berdiri sejak tahun 2007. Hotel Ijo menawarkan tarif yang terjangkau, namun Hotel Ijo telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai termasuk akses internet melalui jaringan internet, parkir dan keamanan selama 24 jam. Namun pada tahun 2021-2022 penyewaan kamar mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan banyaknya kompetitor yang memaksimalkan digital marketing. Oleh karena itu diperlukan upaya yang efektif seperti mempromosikan melalui digital marketing. Suatu program kerja utama yaitu mengenai cara promosi melalui strategi digital marketing, cara pembuatan konten yang menarik, dan melakukan branding yang tepat.  Upaya ini dilakukan 12 Juli – 13 Agustus 2023. Dengan adanya program kerja ini diharapkan mampu meningkatkan meningkatkan daya tarik konsumen untuk menginap di Hotel Ijo.

Referensi

Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H.,& Arum, D. P. (2022). PENERAPAN BRANDING PRODUK DAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM. Community

Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740-746.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34-39.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi

Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651-659.

Kasih, N. L. S., Adnyana, I. P. A., & Damayanti, K. R. G. (2021). Pengabdian Masyarakat

Melalui Pelatihan Internet Marketing, Akutansi Dan Manajemen Keuangan Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan Produk. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 3(1), 104-109.

Wijoyo, H., Haudi, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Akbar, M. F. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa (Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus). Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169-175.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.

Dewi, N. N. K., & Warmika, I. G. K. (2017). Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, Dan Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(10), 243453.

Afrina Yasmin, Sadia Tasneem, Kaniz Fatema. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age. International Journal of Management Science and Business Administration. Volume 1,Issue 5, April 2015, Pages 69-80

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung Asean Community 2015. Komunikasi, 8(2), 123–138.

Hisam, S. (2018). Digital Marketing: Pengertian Menurut Para Ahli (Manfaat— Kelebihan—Kekurangan).

Malik, R. (2017). Impact of Digital Marketing on Youth Buying Behaviour at Big Bazaar in Udupi. Nternational Journal for Innovative Research in Science & Technology (IJIRS)

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Saraswati, N. P. A. S., & Putra, I. K. M. (2023). STRATEGI PENINGKATAN PENYEWAAN KAMAR MELALUI DIGITAL MARKETING DAN PENINGKATAN DAYA TARIK PENYEWA DI HOTEL IJO ECHO LODGE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 761–768. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7939