PENINGKATAN MANAJEMEN KEUANGAN, SARANA DAN PRASARANA SERTA DISIPLIN MENGATUR WAKTU DI SMA NEGERI 10 DENPASAR

Penulis

  • Ni Luh Nyoman Sherina Devi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Made Elida Rani Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Putu Wulan Yunia Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Manajemen Keuangan, Pengelolaan Dana Sekolah

Abstrak

Manajemen keuangan sekolah memiliki peran yang sangat signifikan dalam pelaksanaan aktivitas di lingkungan sekolah. Pengelolaan dana memainkan peran integral dalam menjalankan berbagai kegiatan di sekolah. Sebesar apapun dana sekolah bila tidak dikelola dengan manajemen yang baik, maka sekolah tersebut akan mengalami suatu kemunduran. Manajemen keuangan dalam pengadaan sarana dan prasarana harus dikelola dengan baik, mulai dari perencanaan, pengadaan, penyimpanan, inventarisasi, pemeliharaan dan pemanfaatan, sampai dengan pengawasan. Pengabdian kepada masyarakat ini hadir dalam rangka mendukung peningkatan manajemen keuangan sekolah yang dilakukan oleh kepala sekolah, pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan serta peningkatan disiplin mengatur waktu. Peran kepala sekolah sebagai pemimpin memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap situasi sekolah dan kemampuan untuk mengelola kedua aspek ini secara efisien. Melalui pengelolaan dana sekolah yang baik dan fasilitas yang memadai, proses pembelajaran akan terbantu, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan optimal.

Referensi

Burger, R. H., Kaufman, P. T., & Atkinson, A. L. (2015). Disturbingly Weak: The Current State of Financial Management Education in Library and Information Science Curricula. Journal of Education for Library and Information Science, 56(3), 13–16.

Centerwall, U., & Nolin, J. (2019). Using an Infrastructure Perspective to Conceptualise The Visibility of School Libraries in Sweden. Information Research, 24(3), 1–30.

Latifah, Purwanti, E., & Kusuma, N. (2017). Peran Manajemen Keuangan dalam Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTs Negeri 2 Pringsewu Kecamatan Banyumas. Jurnal Manajamen Pendidikan Islam, 2(1), 9–14.

Myende, P. E., Samuel, M. A., & Pillay, A. (2018). Novice Rural Principals’ Successful Leadership Practices in Financial Management: Multiple Accountabilities. South African Journal of Education, 38(2), 1–11.

Rangongo, P., Mohlakwana, M., & Beckmann, J. (2016). Causes of Financial Mismanagement in South African Public Schools: The Views of Role Players. South African Journal of Education, 36(3), 1–10.

Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Evaluasi, 2(1), 257–273.

Widyatmoko, Subkhi, S. (2017). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SDN Kemasan I Surakarta. Manajemen Pendidikan, 12(1), 153– 160.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Devi, N. L. N. S. ., Rani, N. L. M. E. ., & Sari, N. P. W. Y. . (2023). PENINGKATAN MANAJEMEN KEUANGAN, SARANA DAN PRASARANA SERTA DISIPLIN MENGATUR WAKTU DI SMA NEGERI 10 DENPASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 724–731. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7932