PENGUATAN MANAJEMEN USAHA DENGAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA PT ANUGRAH AGUNG ALAMI

Penulis

  • A.A. Sagung Istri Pramanaswari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Bagus Dipayana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Digital, Marketing, Sosial Media

Abstrak

Digital marketing menjadi salah satu pilihan yang harus dikembangkan dan digunakan oleh pelaku usaha karena kemampuan baru konsumen dalam mengikuti arus digitalisasi, beberapa perusahaan sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvensional/dan beralih ke pemasaran modern. Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi antara penjual dan pembeli dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa diakses ke seluruh dunia, seseorang juga dapat melihat berbagai barang melalui internet. PT Anugrah Agung Alami Perusahaan Perdagangan beralamat di Jl. Bukit Tinggi, Mengwi, Badung, Denpasar, Bali, Indonesia. Permasalahan yang dihadapi oleh PT Anugrah Agung Alami adalah dimana fenomena yang terjadi yaitu menurunnya kemampuan dan keterampilan karyawan PT Anugrah Agung Alami dalam produksi yang dihasilkan. Produksi tersebut antara lain adalah pembuatan sabun cuci buatan tangan yang tidak dapat menembus pasar pada akhir tahun 2023 ini. Permasalahan lainnya adalah menurunnya penjualan dan permintaan konsumen dikarenaka strategi pemasaran yang tidak maksimal serta rendahnya pemahaman dan pengetahuan dalam menjalankan serta mengembangkan usaha melalui pemasaran digital. Sehingga dengan adanya program kerja pengabdian masyarakat ini saya selaku peneliti memberikan solusi yaitu dengan memberikan pelatihan kepada karyawan untuk mengatur segala hal dalam menjalankan usaha, memberikan pelatihan strategi pemasaran yang baik dan  cara dalam mengembangkan strategi pemasaran digital yaitu melalui sosial media seperti instagram, facebook dan marketplace.

Referensi

Bruhn, M., Schoenmueller, V. and Schäfer, D.B. (2019), “Are social media replacing traditional media in terms of brand equity creation?”, Management Research Review, Vol. 35 No. 9, pp. 770-790.

Delloitte Access Economics. (2022). UKM Pemicu Kemajuan Indonesia Instrumen Pertumbuhan Nusantara.

Malhotra, A., Kubowicz Malhotra, C. and See, A. (2020), “How to create brand engagement on facebook”, MIT Sloan Management review, Vol. 54 No. 2, pp. 18-20.

Taiminen, Karjaluto. (2019). Bangkitnya Bisnis Digital. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPPM) 1(1): 1 – 17.

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2022). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawul a.vli3.25256.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Pramanaswari, A. S. I. ., & Dipayana, I. G. B. (2023). PENGUATAN MANAJEMEN USAHA DENGAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA PT ANUGRAH AGUNG ALAMI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 718–723. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7931