PENGAYAAN FUNGSI DAN KETERAMPILAN MANAJEMEN USAHA BAGI PENGURUS DAN KARYAWAN KOPERASI SERBA USAHA PENGOSEKAN KAJA

Penulis

  • Luh Putri Mas Mirayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Komang Febri Mandala Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Manajemen usaha, Koperasi

Abstrak

Koperasi serba usaha adalah koperasi yang kegiatan usahanya di berbagai segi ekonomi yang tidak hanya berfungsi pada satu badan usaha saja tapi banyak usaha atau fungsi dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Rendahnya daya saing menjadi penghalang bagi koperasi serba usaha untuk memelihara eksistensinya dan untuk berkembang menjadi salah satu kekuatan ekonomi besar di Indonesia. Lini pada kegiatan ini yaitu dibagian pemahaman dan pengenalan manajemen usaha dan fungsinya bagi pengurus dan karyawan Koperasi Serba Usaha Pengosekan Kaja, dan adapun permasalahan yang ditemukan pada kegiatan pengabdian masyarakat pada Koperasi Serba Usaha Pengosekan Kaja yaitu pengurus dan karyawan koperasi kurang memahami penerapan manajemen usaha dan juga fungsinya. Dalam pelaksanaan kegiatan ini metode yang digunakan adalah metode observasi, perencanaan program, pelaksaan program, dokumentasi, evaluasi, dan penyusunan laporan. Permasalahan dapat diatasi dengan beberapa solusi yaitu pemahaman tentang manajemen usaha, dan menerapkan pemahaman tentang manajemen usaha dan juga fungsinya dalam upaya meningkatkan daya saing dan kompetensi pengelolaan usaha. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini sudah berjalan dengan baik dan lancar, serta sesuai dengan program kerja yang sudah direncanakan dengan realisasi 100%.

Referensi

Njotoprajitno, R., S. (2011). Peran Kepemimpinan, Kompetensi Sdm, Dan Pengelolaan Manajemen Dalam Peningkatan Daya Saing Koperasi Di Indonesia. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers. Vol 1 (1). ISBN: 978-979-9204-49-3

Srivastava, R. K., T. A. Shervani, et al. (1999), Marketing Business Processes and Shareholder Value: An Organizationally Embedded View of Marketing Activities and the Discipline of Marketing. Journal of Marketing 63 (Special Issue): 168 - 179.

Stoner, James A.F., Edward Freeman, dan Daniel R Gilbert. (1995). Management. New Jersey: Prentice Hall.

Varey,R.,J. (1995), A Model of internal marketing for building and sustaining a competitive service advantage. Journal of Marketing Management 11: 41- 54.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Mirayani, L. P. M. ., & Putra, K. F. M. . (2023). PENGAYAAN FUNGSI DAN KETERAMPILAN MANAJEMEN USAHA BAGI PENGURUS DAN KARYAWAN KOPERASI SERBA USAHA PENGOSEKAN KAJA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 709–713. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7929