PENINGKATAN FILLING SYSTEM MENGGUNAKAN METODE HARD COPY DAN E-ARSIP GOOGLE DRIVE

Penulis

  • Kadek Indah Kusuma Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Abiandika Nanda Tiara Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Filling System, Metode Hard Copy, E-arsip Google Drive

Abstrak

Pengarsipan data adalah proses memindahkan data yang tidak aktif lagi digunakan ke perangkat penyimpanan terpisah untuk jangka panjang. Data arsip terdiri dari data lama yang masih penting bagi organisasi dan mungkin diperlukan untuk referensi di kemudian hari, serta data yang harus dipertahankan untuk kepatuhan terhadap peraturan. Arsip data diindeks dan memiliki kemampuan pencarian sehingga file dan bagian file dapat dengan mudah ditemukan dan diambil. Arsip data sering disamakan dengan backup data, yaitu salinan data. Backup data digunakan sebagai mekanisme pemulihan data yang bisa digunakan untuk mengembalikan data jika rusak atau hancur. Sebaliknya, arsip data melindungi informasi lama yang tidak diperlukan untuk operasi sehari-hari namun mungkin harus diakses sesekali. CV.Rafif Bisnis merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang Jasa Konsultasi Manajemen, dengan karyawannya yang berjumlah sebanyak 4 orang yang beralamat di Jalan Tukad Badung XXI Resident 21 Gang IA No.12 Renon, Denpasar Selatan. Kendala yang saat ini dihadapi yaitu penataa arsip yang masih kurang rapi dan masih sulit dalam pencarian data client, sehigga kurang nya efektivitas dalam bekerja dan. Berdasarkan analisis tersebut maka mahasiwa memilih untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan judul Meningkatkan Filling System Senggunakan Metode Hard Copy Dan E-arsip Google Drive.

Referensi

Gunanto, Ari, and Endah Sudarmilah. (2020). Pengembangan Website E-Arsip di Kantor Kelurahan Pabelan. Emitor: Jurnal Teknik Elektro 20(2), pp. 90-96.

Husnita, Tri Jely, and Mezan el-Khaeri Kesuma. 2020. Pengelolaan Arsip sebagai sumber informasi Bagi Suatu Organisasi Melalui Arsip Manual dan Arsip Digital. Jurnal El-Pustaka 1(2).

Nilawati, Florentina Esti, et al. (2019). Implementasi E-arsip untuk Penyimpanan Dokumen Digital pada PT BPD Jateng (Bank Jateng). Techno.Com 18(4), pp. 299-311.

Octaviona, Era, Mezan Kesuma, and Ahmad Basyori. (2020). Kesiapan Arsiparis Menggunakan E-Arsip Dalam Tata Kelola Kearsipan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Raden Intan Lampung. Jurnal El-Pustaka 1(1).

Putranto, Widiatmoko Adi. (2017). Pengelolaan Arsip di Era Digital: Mempertimbangkan Kembali Sudut Pandang Pengguna. Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan 1(1), pp. 1-11.

Wulandari, Sri, Aghnia Dian Lestari, and Otto Fajarianto. (2021). Penggunaan Aplikasi Digital Kearsipan pada PAUD Arrahman Desa Karangmangu Kabupaten Cirebon. Abdimas Awang Long 4(2), pp. 39-44.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Dewi, K. I. K. ., & Tiara, A. N. . (2023). PENINGKATAN FILLING SYSTEM MENGGUNAKAN METODE HARD COPY DAN E-ARSIP GOOGLE DRIVE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 689–696. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7926