PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN J&T CARGO DENPASAR 3A MELALUI DIGITALISASI DAN PROMOSI DENGAN MEDIA SOSIAL

Penulis

  • Yura Karlinda Wiasa Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Risky Andhika Prastyo Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

E-commerce, Kualitas Pelayanan, Media Sosial

Abstrak

Dalam era perdagangan online yang semakin berkembang, jasa pengiriman paket telah menjadi fokus utama masyarakat. Teknologi digital dan e-commerce telah mempermudah aktivitas jual beli tanpa harus bertemu langsung. Dalam konteks ini, perusahaan ekspedisi seperti J&T Cargo memainkan peran penting sebagai perantara untuk mengantarkan barang dari penjual ke pembeli. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini mengulas J&T Cargo sebagai perusahaan ekspres inovatif di bawah J&T Group, yang mengoptimalkan biaya logistik dengan standar operasional tinggi dan teknologi canggih. Kualitas pelayanan jasa menjadi elemen krusial dalam persaingan bisnis saat ini. Konsep lima dimensi pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy memberikan pandangan komprehensif mengenai faktor-faktor yang membentuk kualitas pelayanan. Strategi pemasaran juga berperan dalam menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang. Kepuasan pelanggan merupakan kunci dalam menciptakan loyalitas, yang mendasari keberhasilan perusahaan. Media promosi, terutama media digital, memegang peran signifikan dalam pemasaran modern. Penggunaan media sosial, seperti Instagram, memberikan peluang bagi bisnis untuk memperluas jangkauan, meningkatkan kesadaran merek, dan membangun komunikasi dengan pelanggan. Namun, masih ada kurangnya pemahaman dan penerapan media digitalisasi dalam strategi pemasaran oleh sebagian perusahaan. Tim pelaksana merencanakan implementasi digitalisasi dan promosi melalui media sosial sebagai langkah untuk meningkatkan pelayanan dan pendapatan perusahaan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang strategi pemasaran digital, diharapkan perusahaan dapat memanfaatkan potensi media sosial untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam jangka panjang.

Referensi

Akbar, M.M. and Parvez, N. (2009). Impact of service quality, trust and customer satisfaction on customer loyalty. ABAC Journal, Vol. 29 No. 1, pp. 24-38.

Fitzsimmons, James A., Mona J. Fitzsimmons., dan Senjeev K. Bordoloi. (2014). Service Management, Eighth Edition. New York: The McGraw-Hill.

Kotler P, Armstrong G. (2008). Prinsip-Prisip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta (ID): Erlangga.

Rachmawati, Fitri. (2018). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya.

Wardana, Aditya. (2018). Strategi Digital marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th 2015. ISBN: 978-602-17225-4-1.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Putri, Y. K. W. ., & Prastyo, R. A. . (2023). PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN J&T CARGO DENPASAR 3A MELALUI DIGITALISASI DAN PROMOSI DENGAN MEDIA SOSIAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 682–688. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7925