TATA KELOLA KEUANGAN DAN DIGITALISASI SISTEM PEMASARAN DI HEYOU COFFEE

Penulis

  • Ni Putu Ayu Mirah Mariati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sudiarsa Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Gusti Ngurah Odik Pratama Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Tata kelola keuangan, Digitalisasi promosi

Abstrak

HEYOU COFFEE meruapakan suatu UMKM yang bergerak dibidang makanan atau kuliner dimana tempat makan ini menyediakan berbagai jenis hidangan lokal maupun western food. Pada kesempatan kali ini melalui pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan membantu UMKM melalui beberapa program yang telah disusun dan didiksusikan bersama pihak-pihak yang berkepentingan. Pembekalan pembukuan berupa penerapan tata kelola keuangan dan digitalisasi promosi dipilih dalam upaya untuk membantu perkembangan UMKM tersebut. Kegiatan ini disambut dengan hasil yang positif dimana dengan adanya pembekalan tentang tata kelola keuangan HEYOU COFFEE lebih mudah untuk melihat kondisi keuangan usahanya agar kedepannya menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan financial. Dan adanya Digitalisasi promosi melalui sosial media mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat pada coffee shop ini yang secara tidak langsung meningkatkan penjualan dari HEYOU COFFEE sendiri.

Referensi

Atmaja, Eka Hanung, Jalunggono, Gentur & Verawati, Dian Marlina. 2021. Pelatihan Laporan Keuangan Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis, Vol 1. No 1. Hal 1-5

Darnis Febriyanti, Azdy Rezania 2019. Pemanfaatan media informasi website promosi (e-commerce) sebagai upaya peningkatan pendapatan UMKM desa Pedado.

Febrianti, Ranti, Nuraini, Putri & Firmansyah Ricky. 2022. Strategi Promosi pada Aplikaso Tiktok untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Jurnal ekonomi perjuangan (JUMPER). Vol 4. No 2.

Hendrawan, Aria, Handayani, Titis & Hidayati, Nurtriana. 2019. Pengelolaan Sistem pembukuan Prosees Bisnis Unit Usaha Micro Kecil Dan Mengah (UMKM) Kota Serang Berbasis Website. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Nasution narlaila, tambunan Agustina. 2020. PKM (pengabdian kepada masyarakat) pengaruh promosi terhadap hasil wirausaha studi kasus koperasi agro rimba nusantara (AGRINA). Vol 2. No. 3.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Mariati, N. P. A. M. ., Sudiarsa, I. W., & Pratama, G. N. O. . (2023). TATA KELOLA KEUANGAN DAN DIGITALISASI SISTEM PEMASARAN DI HEYOU COFFEE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 671–675. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7923