APLIKASI DIGITAL MARKETING PADA BALANCE FOOD & COFFEE

Penulis

  • Sagung Oka Pradnyawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Alit Seputra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Aplikasi Digital, Sosial Media

Abstrak

Para pelaku bisnis selalu dituntut untuk memiliki jiwa yang kreatif dan inovatif serta peka terhadap adanya sebuah perkembangan baik dari segi menajerial ataupun teknologi. Salah satunya yaitu perkembangan aplikasi digital yang semakin menjadi lebih praktis memudahkan masyarakat utnuk menggunakannya dan dapat diakses dengan mudah lewat smartphone. Aplikasi digital ini yaitu seperti aplikasi sosial media Instagram, tiktok, tweeter dll. Sebuah UMKM yakni Balance Food and Coffee pada operasionalnya belum memaksimalkan penggunaan berbagai aplikasi digital marketing untuk menunjang keberadaan usaha tersebut. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini berfokus untuk melatih para karyawan pada salah satu UMKM yakni Balance Food and Coffee untuk dapat memanfaatkan berbagai aplikasi sebagai sarana promosi dan membuat berbagai catalog serta promo menarik secara rutin agar dapat memperkenalkan keberadaan UMKM serta meningkatkan penjualan. Realisasi kegiatan dapat dilaksanakan sepenuhnya dan karyawan UMKM Balance Food and Coffee telah dapat menggunakan berbagai aplikasi sebagai sarana promosi dan membuat berbagai catalog dan promosi menarik sebagai stimulasi bagi customer.

Referensi

Suyadnya, Y. (2015). Aplikasi Digital Marketing Guna Meningkatkan Omset Pada UMKM Lokal Jajanan Bali.

Muhamad Arsyad Banjari (2012). Universitas Islam Kalimantan. Analisis Penggunaan Media Sosial.

Furqon, M., & Woyanti, N. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Berbasis ekonomi Lokal Pada UMKM Kopi Muria Di Kabupaten Kudus.

Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Cakrawala, 10(2), 107-112.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Pradnyawati, S. O. ., & Seputra, I. K. A. . (2023). APLIKASI DIGITAL MARKETING PADA BALANCE FOOD & COFFEE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 662–666. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7921