MENGELOLA STOK MATERIAL DI PT. SEMBILAN JAYA TEKNIK SECARA DIGITAL

Penulis

  • Putu Diah Kumalasari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Lina Seniawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Ratih Nurmalasari Universitas Pendidikan Nasional

Kata Kunci:

Pengelolaan Persediaan, Digital, Spreadsheet

Abstrak

Sembilan Jaya Teknik merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ketenagalistrikan. Untuk dapat memberikan pelayanan jasa terhadap masyarakat, diperlukan pengelolaan persediaan atau stok material yang optimal. Hal ini terkait dengan pemenuhan kebutuhan pelanggan dan efisiensi pekerjaan, sehingga pengelolaan stok material perlu dilakukan agar terciptanya kelancaran saat bekerja. Berdasarkan hasil dari observasi yang telah dilakukan, ditemukan permasalahan terkait pengelolaan stok material pada PT. Sembilan Jaya Teknik. Oleh karena itu, diadakan kegiatan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan terhadap karyawan, khususnya bagian purchasing, terkait pengelolaan stok material secara digital dengan memanfaatkan aplikasi Spreadsheet. Dari kegiatan tersebut, pemahaman karyawan terkait pengelolaan stok material dengan menggunakan aplikasi Spreadsheet berhasil ditingkatkan, dan memberikan manfaat bagi karyawan maupun perusahaan.

Referensi

Fariz, N. (2019). Sistem Informasi Monitoring Stok Material di PT. Pomeurahacindo. Disertasi. Universitas Komputer Indonesia.

Hudori, M. (2018). Formulasi Model Safety Stock dan Reorder Point untuk Berbagai Kondisi Persediaan Material. Jurnal Citra Widya Edukasi, 10(3): 217-224.

Parera, L.M., Tupalessy, J., & Kastnaja, R. (2019). Pengembangan Tenaga Listrik Surya Bagi Pedagang Kuliner. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1): 46-52.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Kumalasari, P. D. ., Seniawati, N. P. L., & Nurmalasari, M. R. (2023). MENGELOLA STOK MATERIAL DI PT. SEMBILAN JAYA TEKNIK SECARA DIGITAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 636–642. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7916