PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PEMASARAN DAN PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA PADA UMKM BANK SAMPAH DI KELURAHAN PEGUYANGAN

Penulis

  • Putu Ayu Meidha Suwandewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Krisna Darma Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pengabdian Masyarakat, UMKM Bank Sampah, Pelatihan, Pencatatan Keuangan, Promosi Media Sosial

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Mitra adalah UMKM Bank Sampah Aukasa yang bergerak di bidang Pengolahan Barang Bekas. Adapun pemasalahan mitra dalam menghadapi pesaing era globalisasi adalah turunnya omset penjualan akibat kurangnya pemahaman tentang pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran dan kurangnya pemahaman tentang pembukuan. Adapun kegiatan yang dilakukan untuk menangani masalah yang dimiliki oleh pelaku UMKM yaitu memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran dan melakukan pelatihan dan pendampingan tentang pembukuan sederhana. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah mitra dapat mempromosikan usahanya di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Whatsapp dan mitra dapat melakukan pencatatan pembukuan secara rutin kegiatan usahanya.

Referensi

Buku Panduan KKN Alternatif Peduli Pandemi Covid-19 (KAPPC) FEB Unmas Dps 2022 (1)

Ferata Ayuning Putri, A. 2021. Pelatihan Pembukuan Sederhana pada UMKM Kuliner di Kelurahan Laweyan Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(1), 6-9.

Aini, N., & Sugiarso, T. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Sampah An-Organik di Bank Sampah Cahaya Ciracas. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 7(2).

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Suwandewi, P. A. M. ., & Putra, I. K. K. D. . (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PEMASARAN DAN PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA PADA UMKM BANK SAMPAH DI KELURAHAN PEGUYANGAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 618–623. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7913