STRATEGI PENGOPTIMALAN PROMOSI PENYALURAN KREDIT DALAM RANGKA MENINGKATKAN JUMLAH PENYALURAN KREDIT DI LPD DESA ADAT MENGWI

Penulis

  • I Dewa Made Arik Permana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gusti Ngurah Putu Pramana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Lembaga Perkreditan Desa, Kredit, Bank, Media Sosial, Promosi

Abstrak

Lembaga Perkreditan Desa merupakan salah satu unsur kelembagan Desa Adat yang menjalankan fungsi keuangan desa adat untuk mengelola potensi keuangan desa. Kegiatan usaha LPD pada prinsip sifat usahanya dapat digolongkan menjadi 3 (tiga) yaitu, kegiatan dalam menghimpun dana, kegiatan menggunakan dana dan memberikan jasa. Adanya permasalahan penyaluran kredit yang kurang optimal serta kurang mampu bersaing dengan produk kredit dari bank-bank lain menyebabkan produk kredit dari LPD Desa Adat Mengwi kurang mampu bersaing. Sehingga pengabdian masyarakat ini berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan program kegiatan yang dilaksanakan yaitu pendampingan dalam usaha meningkatkan penyaluran kredit dengan upaya membuat sebuah produk kredit baru yang mampu bersaing dengan produk kredit pada bank-bank lainnya serta pendampingan mengenai  promosi melalui media social ( Facebook,Instagram dll) ataupun secara manual melalui banner dan selebaran. Adapun hasil dari kegiatan ini yang sudah direncanakan dapat terealisasi dengan baik dan lancar serta adanya peningkatan penyaluran kredit dari bulan sebelumnya. Dengan harapan kedepannya LPD Desa Adat Mengwi dapat terus tumbuh dan berkembang.

Referensi

Astiti, N. P. Y., & Saputra, I. N. T. (2022). PENGENALAN PROGRAM LPD DESA PEKRAMAN ADAT JENAH SEBAGAI PILIHAN UNTUK MEMINJAM TAMBAHAN MODAL USAHA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) (Vol. 1, No. 2, pp. 869-873).

Bagiana, I. K., Suryandari, N. N. A., Diputra, I. K. S., & Sari, K. D. N. (2022). PELATIHAN ADMINISTRASI DALAM PERBANKAN DAN PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI PROMOSI DALAM MENABUNG DAN MEMBERIKAN PINJAMAN KREDIT DI PT. BPR PARASARI LUKLUK. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) (Vol. 1, No. 2, pp. 1113-1118).

Mahendrawati, N. L. M., Mandasari, I. C. S., & Sukandia, I. N. (2021). Pengabdian Kemitraan Masyarakat Pada Koperasi Simpan Pinjam. International Journal Of Community Service Learning, 5(3), 265-272.

Pramesti, I. G. A. A., & Sari, N. W. W. O. D. (2022). OPTIMALISASI PENGEMBANGAN PRODUK KOPERASI SIMPAN PINJAM SECARA ONLINE SERTA STRATEGI MENGATASI KREDIT MACET PADA KSP BALI DHARMA SAMAYA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) (Vol. 1, No. 2, pp. 717-722).

Setiawati, L. P. E., Kepramareni, P., Putri, P. A. D. W., & Setyasih, N. K. T. (2022). STRATEGI PENANGANAN KREDIT MACET DI LPD SURALAGA PADA MASA PANDEMI COVID-19. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) (Vol. 1, No. 2, pp. 1073-1076).

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-21

Cara Mengutip

Putra, I. D. M. A. P., & Putra, G. N. P. P. (2023). STRATEGI PENGOPTIMALAN PROMOSI PENYALURAN KREDIT DALAM RANGKA MENINGKATKAN JUMLAH PENYALURAN KREDIT DI LPD DESA ADAT MENGWI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(1), 516–521. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6525