PENDAMPINGAN PENGGUNAAN DIGITALISASI PRODUK UMKM KOPI ULAN TARI DI BALI

Penulis

  • Pande Ketut Ribek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Sri Deari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Deana Eka Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yanuarius Deviprianus Uga Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Teknologi, UMKM, Digitalisasi, Kopi, Pemasaran

Abstrak

UMKM adalah kegiatan atau usaha bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, maupun badan usaha kecil. Sudah semakin banyak pelaku UMKM yang dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung bisnis mereka. Mitra pada program inovasi teknologi Kabupaten Badung ini adalah Kopi Ulan Tari yang berlokasi di Desa Penarungan, Kabupaten Badung. Jenis produk yang dihasilkan oleh UMKM yang didirikan oleh I Wayan Reben Widiana ini adalah kopi asli bali. Pada masa pandemi seperti ini tentunya harus banyak-banyak berada di rumah dan menerapkan protokol kesehatan, hal ini tentu saja membuat para UMKM menjadi sulit dalam mengembangkan usahanya karena nyatanya masih banyak UMKM yang bergantung pada berjualan secara langsung baik itu di pasar maupun berkeliling, hal itu yang membuat pendapatan dari UMKM ini menjadi menurun. Pengabdian ini bertujuan mengelaborasi pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang digitalisasi. Skema digitalisasi yakni dengan memanfaatkan market place (perantara) dan menggunakan media sosial sebagai teknik pemasaran. Selain itu pelaku UMKM digital harus dapat bersinergi dengan warganet dalam pemasaran produk dan jasa. Dengan demikian skema pengembangan UMKM digital dapat menjadi salah satu alternatif menyelamatkan pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah studi kepustakaan dengan mengelaborasi berbagai literatur akan pengembangan UMKM digital. Hasil pengabdian dinyatakan bahwa digitalisasi mampu meningkatkan kinerja pemasaran pada Kopi Ulan Tari di Desa Penarungan Bali.

Referensi

Aisyah, Siti, and Kartika Rose Rachmadi. "Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan." RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3.2 (2022): 442-448.

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233-247.

Cahyono, Anang Sugeng. "Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia." Publiciana 9.1 (2016): 140-157.

Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, No. 1, pp. 30-39).

LPPM. Tahun 2022. Edisi IV Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Novitasari, Erna. (2022). Panduan praktis menyusun pembukuan sederhana: kitab wajib untuk praktisi bisnis dan pelaku UMKM. anak hebat Indonesia.

Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni. "Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi." Jurnal Common 3.1 (2019): 71-80.

Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. P., Romindo, R., Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis.

Sarfiah, Sudati Nur, Hanung Eka Atmaja, and Dian Verawati. "UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa." Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan) 4.2 (2019): 1-189.

Sari, C. T., & Indriani, E. (2017). Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok UMKM KUB Murakabi Desa Ngargoyoso. Wasana Nyata, 1(1), 17-21.

Setiawati, Ira, and Penta Widyartati. "Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM." Proceedings. Vol. 1. No. 1. 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-21

Cara Mengutip

Ribek, P. K., Deari, N. P. S., Putri, N. P. D. E., & Deviprianus Uga, Y. (2023). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN DIGITALISASI PRODUK UMKM KOPI ULAN TARI DI BALI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(1), 417–422. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6507