PENGUATAN MANAJEMEN USAHA DAN PEMASARAN MELALUI DIGITALISASI PADA USAHA RUMAH MAKAN DEPOT DEWA AYU

Penulis

  • I Putu Agus Eka Rismawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • A A Ngurah Bagus Aristayudha Universitas Bali Internasional
  • Dewa Ayu Diyah Maharani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Media Sosial, Pemasaran

Abstrak

Pengaruh teknologi sangat memberikan dampak di berbagai bidang terutama pada bidang ekonomi seperti pada halnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dalam hal ini pelaku UMKM akan menghadapi tantangan persaingan antar kompetitor yang dimana pelaku UMKM dituntut untuk membangun strategi pemasaran agar bisa tetap bertahan dan bersaing. Pada kegiatan observasi pada rumah makan Depot Dewa Ayu, pemilik UMKM mengatakan bahwa akhir-akhir ini terjadi penurunan pendapatan yang diakibatkan oleh banyaknya kompetitor baru dengan jenis usaha yang sama. Adapun permasalahan yang dihadapi pemilik UMKM yaitu: 1) Kurangnya pemanfaatan media sosial sebagai wadah promosi; 2) Kurang optimalnya pencatatan keuangan pada unit usaha. Dari permasalahan tersebut kami memberikan beberapa solusi yaitu: 1) Melakukan penyuluhan mengenai pemanfaatan media sosial sebagai wadah promosi; 2) Memberikan penyuluhan mengenai pembuatan pembukuan keuangan sederhana. Diharapkan dengan dilakukan program pengabdian masyarakat ini dapat membantu UMKM dalam pengoptimalan manajemen usaha dan pemasarannya sehingga dapat bertahan dan bersaing dengan kompetitor di pasaran.

Referensi

Jaya, D. A. (2020). Mengembangkan Strategi Pemasaran Secara Online Pada UMKM "Baru Jaya Las Listrik" Berbasis Teknologi Serta Sosialisasi New Normal Pada Masa Pendemi Covid-19. Retrieved from http://repo.darmajaya.ac.id/3304/1/Laporan%20PKPM%20DedenAnggaNataJaya1611050198.pdf

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-21

Cara Mengutip

Rismawan, I. P. A. E., Aristayudha, A. A. N. B., & Maharani, D. A. D. (2023). PENGUATAN MANAJEMEN USAHA DAN PEMASARAN MELALUI DIGITALISASI PADA USAHA RUMAH MAKAN DEPOT DEWA AYU. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(1), 413–416. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6506