STRATEGI PEMASARAN UMKM PEMBUDIDAYAAN JAMUR MELALUI DIGITAL MARKETING DI DESA KEKERAN
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran, Penyuluhan, Digital MarketingAbstrak
Pemanfaatan digital marketing pada era industri 4.0 dapat dijadikan alternatif strategi dalam pemasaran produk agar memudahkan pelaku usaha memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon konsumen, sedangkan dari sisi calon konsumen dapat digunakan sebagai media yang memudahkan dalam pencarian informasi produk. Di era digital ini, para UMKM wajib mengetahui tentang digital marketing, digital marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet.adapun program pengabdian masyarakat yang di laksanakan adalah pelatihan dan pendampingan tentang cara membuat promosi melalui media sosial yaitu instragram dan facebook dan pembuatan plang nama usaha UMKM pembudidayaan jamur di Desa Kekeran.tujuan kegiatan ini adalah untuk memberitahu kepada UMKM tentang petingnya menggunakan digitar marketing untuk memasarkan sebuat produk atau jasa.Metode yang digunakan yaitu pelatihan tentang cara membuat promosi melalui sosial media yaitu instagram dan facebook.
Referensi
Anggita Andriana, F. A. (2020). Peningkatan omset penjualan melalui pembuatan logo dan promosi media online umkm jamur kebontunggul. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, 160-165.
Ardiyasaitria, I Wayan B. M. (2021). Penerapan aplikasi web profile dan pelatihan digital marketing pada usaha budidaya jamur tiram di denpasar bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer. 3 (3), 105-111.
Lavenia Pratiwiningtyas, A. L. (2022). Pemberdayaan masyarakat melalui penguatan UMKM di dusun kedung pring desa sukorejo. Madaniya, 187-193.
Rahmawati, R. S. (2022). Strategi Pengembangan usaha budidaya jamur tiram putih (pleurotus ostreatus) di kabupaten langkat, sumatera utara (studi kasus: UMKM Rumah Jamur). Waluyo Jatmiko Proceeding 15, 95-102.
Susilawati Cerah, E. S. (2020). Peningkatan daya saing melalui strategi pemasaran jamur tiram putih (studi kasus) di desa bekut. Jurnal Social Economic of Agriculture. 9 (2), 113-120.
Syafrika Deni Rizki, F. H. (2022). Peningkatan Strategi Pemasaran Jamur Di Kampung jamur limau manis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas. 1, 94-101.