PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK PEMASARAN PADA UD. TANI KARYA

Penulis

  • Made Ika Prastyadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Ayu Sarikanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Desak Putri Cintya Maha Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Media Sosial, Pemasaran

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan media internet sebagai sarana pemasaran online untuk memperoleh pangsa pasar yang memuaskan. Saat ini internet sudah sangat mudah diakses oleh siapapun diseluruh dunia. Hadirnya teknologi menjadi keharusan bagi pelaku UMKM saat ini untuk memanfaatkannya agar usaha yang dimiliki semakin berkembang. Keberadaan media sosial dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan penjualan dan promosi    scara online. Pemasaran digital sangat penting karena majunya perindustrian di dunia, membuat banyak perusahaan memanfaatkan pemasaran digital dalam melakukan promosi dan penjualan, sehingga penggunaan media digital yang meningkat termasuk para pebisnis UMKM yang menggunakan internet sebagai sarana pemberi dan berbagi informasi tentang produk yang ditawarkan kepada konsumen secara online. Tujuan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini untuk meningkatkan jangkauan pemasaran dengan memanfaatkan media sosial pada UMKM beras. Metode pelaksanaan adalah program sosialisasi   pemasaran melalui media sosial, pembuatan akun media sosial, pelatihan dan penyuluhan pengelolaan akun media sosial, pendampingan dalam proses pemasaran di media sosial serta pengujian dan evaluasi pemasaran. Hasil yang didapatkan adalah terciptanya akun media sosial seperti Instagram lengkap dengan foto produk dan caption berisi keterangan lengkap mulai dari nama produk, jenis, dan kontak yang bisa di hubungi yang kini bisa dengan mudah dijangkau oleh semua orang sehingga UMKM UD. Tani Karya menjadi lebih mudah untuk melakukan pemasaran secara digital sehingga membuat jangkauan usahanya lebih luas dan penjualan semakin meningkat.

Referensi

Joesyiana, K. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdor Study) pada Mata Kuliah Manajemen Operasional (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda). Peka, 6(2), 90-103.

LPPM. 2022. Panduan Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Maulidasari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63–73. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i 1.2050

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Nikmah, F. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47–56. https://doi.org/10.33795/j- adbis.v11i1.19

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Pramandari, P. Y., Astiti, P. Y., & Prastyadewi, M. I. (2016). Peranan Prior Online Purchase Experience Danonline Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Online Shop Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Mahasaraswati, 6(1), 101458.

Prastyadewi, M. I., & Santiani, N. K. B. (2022, May). UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PENJUALAN SAAT PANDEMI COVID-19 PADA PT. SURYA AKASHA DHARMA (MOTION SHOP) MELALUI JARINGAN MEDIA SOSIAL. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) (Vol. 1, No. 1, pp. 501-508).

Prastyadewi, M. I., & Ananda, I. K. W. R. (2022). PELATIHAN, PENDAMPINGAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN MELALUI EDUKASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DI UD. METRI PASAR BADUNG, DENPASAR. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) (Vol. 1, No. 2, pp. 947-952).

Rini, M. N. A., & Shihab, M. R. (2019). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159–170. https://doi.org/10.21460/jutei.2018.2 2.125

Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117-127.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.139 06

Srirejeki, K. (2016a) ‘Analisis manfaat media sosial dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)’, Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi, 7(1), pp. 57.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-21

Cara Mengutip

Prastyadewi, M. I. ., Sarikanti, N. K. A. ., & Dewi, D. P. C. M. . (2023). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK PEMASARAN PADA UD. TANI KARYA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(1), 376–381. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6498