PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN SDM DAN KINERJA KARYAWAN PADA KSP ARTHA GUNA SEJAHTERA
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kinerja KaryawanAbstrak
Koperasi dapat diartikan sebagai sebuah badan usaha yang beranggotakan sekumpulan orang yang kegiatannya berlandaskan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berasas kekeluargaan. Sementara itu, menurut bapak proklamator kita, Mohammad Hatta, yang sekaligus menjadi bapak Koperasi, koperasi adalah suatu jenis badan usaha bersama yang menggunakan asas kekeluargaan dan gotong royong. Dengan demikian, tidak heran jika pengelolaan koperasi mengarah pada kegiatan tolong-menolong untuk memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggotanya. Itulah salah satu sebab mengapa koperasi sangat bermanfaat untuk banyak orang. Karyawan dari KSP Artha Guna Sejahtera belum mampu memberikan kualitas pelayanan yang kurang efektif. Tujuan dari meningkatkan kualitas pelayanan SDM dan kinerja karyawan adalah untuk membangun kepercayaan dan kenyamanan untuk debitur.
Referensi
Suwandana, I. M. A. (2017, November). Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Koperasi Serba Usaha Dalem Kahyangan Dukuh Desa Adat Kerobokan Di Kuta Utara, Badung. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, No. 1, pp. 586-600).
Mahendrawati, N. L. M., Wisnumurti, A. G. O., Mahaputra, I. G. A., & Mandasari, I. C. S. (2022). Pembinaan dan Pendampingan Penyelesaian Kredit Bermasalah Pada Koperasi Serba Usaha Jimbaraya Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. International Journal of Community Service Learning, 6(3), 308-316.
Rokhani, S. (2019). pengaruh kompetensi teller dan pelayanan prima customer service terhadap kepuasan mahasiswa febi iain ponorogo dalam menggunakan tabungan faedah di brisyariah kcp ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Ridlo, A. (2021). REKONSTRUKSI PENGAWASAN DPRD DIY TERHADAP DANA KEISTIMEWAAN YANG BERBASIS KEADILAN (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Harwina, Y. (2022). PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA V PABRIK PALM KARNEL OIL TANDUN ROKAN HULU. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 13(3), 279-289.
Wahyuni, A. N., & Selvi, S. (2021). Pengawasan Kebijakan Pemungutan Cukai Etil Alkohol Dan Minuman Mengandung Etil Alkohol Di Kantor Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai Jakarta Timur. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(3), 224-234.