INOVASI PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK UMKM LAKLAK ANGET AYU HOKI

Penulis

  • Gde Bayu Surya Parwita Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gede Putra Dana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Promosi, Konsumen, Warung

Abstrak

Meningkatkan kreatifitas masyarakat sangat penting dilakukan untuk menambah wawasan dalam hal usaha warung adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisir secara komersil, yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua konsumennya baik berupa makanan. Namun, pada penerapan karyawan Warung Bu Ayu masih belum optimal. Hal tersebut diindikasikan karena kurangnya kreatifitas kerja di Warung Bu Ayu karna keterbatas informasi baik dari media sosial maupun dari orang sekitar. Hal tersebut dapat memengaruhi pendapatan bagi Warung Bu Ayu tersebut, sehingga dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini dimaksudkan untuk membantu memberikan penyelesaian atas permasalahan yang terjadi dengan menyiapkan beberapa program kinerja karyawan yaitu: Penyuluhan dan pengenalan pentingnya kinerja yang baik dari karyawan, memberikan motivasi serta merubah beberapa hal yang ada di Warung Bu Ayu. Adapun faktor-faktor yang mendukung keberhasilan kegiatan ini, owner, karyawan, tersedianya fasilitas yang memadai, dan taatnya protokol kesehatan yang diterapkan oleh para karyawan. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan pengabdian ini adalah keterbatasan waktu dalam kegiatan pengabdian.

Referensi

Arfin. (2017). Bisnis Tahan Banting Sambut MEA. Klaten: Cable Book.

Arief. (2015). Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Informasi terdepan tentang Usaha.

Cokorda Istri Raka Marsiti, Dkk 2017, "Strategi Pengembangan Makanan Tradisional Berbasis Teknologi.

Fernández-Mesa, A., & Alegre, J. (2015).Orientasi kewirausahaan dan intensitas ekspor: Meneliti interaksi pembelajaran organisasi dan inovasi.

I Ketut Suter dkk, 2013, Pangan Tradisonal Bali Jaja : Kajian Aspek Budaya, Pengolahan, Gizi dan Keamanan. Denpasar : Pusat Penelitian Makanan Tradisional Universitas Udayana Bekerja Sama dengan Buku Arti.

-521.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga, PT. Indeks, Jakarta.

Nata, G. N. M., Suryawan, I. K. D., & Yudiastra, P. P. (2018). Peningkatan Produktivitas Industri Rumah Tangga Jajan Tradisional Khas Gianyar. Majalah Aplikasi Ipteks NGAYAH, 9(1), 132–137.

Nelsye Lumanauw, 2018, "Pengembangan Makanan Tradisional Bali pada Pasar Malam di Pasar Sindu, Sanur, Bali," Jurnal Ilmilah Hospitality Management

RUASTITI, N. M. (2011). Seni Pertunjukan sebagai Pengikat Hubungan Patron-client Puri dengan Masyarakat Lingkungannya. MUDRA Jurnal Seni Budaya, 26(2), 107–113.

Supraptini, Riris Nainggolan, Elsa-Elsi, & Dharmayanti, I. (2011). Kualitas Bahan Makanan Dan Makanan Jajanan Yang Dijual Di Pasar Tradisional Di Beberapa Kota Di Indonesia. Jurnal Ekologi Kesehatan, 10(4), 208 – 218.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-21

Cara Mengutip

Parwita, G. B. S. ., & Dana, G. P. . (2023). INOVASI PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK UMKM LAKLAK ANGET AYU HOKI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(1), 335–340. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6488