UPAYA PENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PELATIHAN DIGITALISASI MARKETING DAN LABELING PRODUK PADA UMKM SUMBER AREN

Penulis

  • I Wayan Widnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Ayu Ari Purnama Yanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pandemi Covid-19, UMKM, Digitatalisasi Marketing, Labelling Produk

Abstrak

PSBB (Pembatasan Berskala Besar) yang dilakukan oleh pemerintah untuk penyebaran covid-19 berakibat pada prilaku masyarakat khususnya dalam berbelanja. Berbelanja online kini menjadi pilihan paling aman untuk membatasi interaksi fisik yang dapat mengakibatkan penyebaran virus tersebut, selain itu berbelanja online juga mengikuti perkembangan perilaku konsumen saat ini. Hal tersebut membuat para pelaku UMKM mulai berani melakukan pembaruan diberbagai bidang mulai dari sistem pemasaran, transaksi dan lainnya yang berbasis digital atau yang biasa disebut digitalisasi marketing untuk dapat mengembangkan usahanya. Namun masih banyak pelaku UMKM yang masih belum memanfaatkan digitalisasi maketing karena kurangnya pemahaman penggunaannya. Permasalah tersebut terjadi pada UMKM Sumber Aren yang masih, yang usahanya sulit berkembang karena belum memahami tentang digitalisasi marketing bahkan belum memiliki label produk. Solusi yang dapat diberikan yaitu dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan digitalisasi dan labeling produk, membantu merancang akun media sosial untuk media promosi serta membantu merancang label produk. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan metode penyuluhan, pendampingan dan pelatihan yaitu dengan melakukan yang berkaitan dengan program kerja tatap muka dan komunikasi langsung. Dengan dilaksanakan program kerja ini pengetahuan pemilik UMKM Sumber Aren tentang digitalisasi marketing dan labeling produk berhasil ditingkatkan.

Referensi

Admin. (2021, Agustus 26). Dampak Besar Pandemi di Sektor Ekonomi. Diambil kembali dari Dprd-diy.go.id: https://www.beritayogya.com/dr-stevanus-5-dampak-besar-pandemik-di-sektor-ekonomi/

Riadi, M. (2018, maret 7). Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label Produk. Diambil kembali dari kajianpustaka.com: https://www.kajianpustaka.com/2018/03/pengertian-fungsi-jenis-dan-ketentuan-label.html?m=1

Eka, R. (2022, Maret 16). Mendalami Tren Pemasanan Digital Tahun 2022 dan Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Pembisnis. Diambil kembali dari dailysosial.id: https://dailysocial.id/amp/post/pemasaran-digital-startup-2022

Hadion Wijoyo, H. V. (2020). Digitalisasi UMKM.

Nur Aini Fauziyah, R. Y. (2022). Peran Pengemasan Pada Kualitas Produk Pangan.

Nur Widyawzati, S. M. (2022). Marketing Sebagai Peningkatan Omzet UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara 3. 1-6

Aprillia, H. (2021). Peningkatan Kapasitas UMKM Kuliner Melalui Pelatihan Digital Marketing. JABN 2 (2), 62-67.

Puspita, P. (2022). Pembekalan Manajemen Usaha dan Labeling Produk Pada Usaha Onde-onde Bu Jaka Bondowoso. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage , 9-16.

Saputra, N. R. (2022). Pelatihan Inovasi Produk Sera Strategi Pemasaran Pada UMKM Bubuk Jahe di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 142-149.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-21

Cara Mengutip

Widnyana, I. W., & Yanti, D. A. A. P. (2023). UPAYA PENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PELATIHAN DIGITALISASI MARKETING DAN LABELING PRODUK PADA UMKM SUMBER AREN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(1), 306–312. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6473