STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KARYAWAN UNTUK MENINGKATKAN ON TIME PERFORMANCE (OTP) DI MASKAPAI XIAMEN AIR (MF892) PADA PT GAPURA ANGKASA CABANG DENPASAR

Penulis

  • Luh Putri Mas Mirayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Ratih Permata Dewi Universitas Warmadewa
  • Ni Luh Gede Dahlia Prilistika Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Standar Operasional Prosedur (SOP), On Time Performance (OTP)

Abstrak

PT Gapura Angkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyedia jasa Ground Handling bagi maskapai penerbangan yang beroperasi di Indonesia, dengan lini bisnis meliputi kargo dan pergudangan, penanganan penumpang dan bagasi serta operasi penerbangan dan servis pesawat. Lini pada kegiatan ini yaitu di bagian penanganan penumpang khususnya di maskapai Xiamen Airlines, dan Adapun permasalahan yang ditemukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat pada PT Gapura Angkasa unit Xiamen Airlines yaitu kurang maksimalnya pelaksanaan standar operasional prosedur yang mengakibatkan lemahnya On Time Perfornmance (OTP) di operasional. Dalam pelaksanaan kegiatan ini metode yang digunakan adalah metode observasi, perencanaan program, pelaksaan program, dokumentasi, evaluasi, dan penyusunan laporan. Permasalahan dapat diatasi dengan beberapa solusi yaitu pemahaman standar operasional prosedur, pelatihan mengenai standar operasional prosedur dan praktik langsung mengenai standar operasional prosedur dalam upaya meningkatkan On Time Performance (OTP). Adapun hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini sudah berjalan dengan baik dan lancar, serta sesuai dengan program kerja yang sudah direncanakan dengan realisasi 100%

Referensi

Ajusta, A.A. Gede & Addin, Syahrial. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Departemen HRD PT Sumber Maniko Utama. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online). Vol 2, No 3. 181-189

Arnina. P. et al. (2016). Langkah-langkah Efektif Menyusun SOP Standart Operating Procedures. Depok: Huta Publisher.

Moonlight, Lady Silk. Rochmawati, Laila. Suhanto, Suhanto & Rifai Moch. (2022). Sistem Informasi On Time Performance (OTP) Penerbangan di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Warta Penelitian Penerbangan. 34 (2): 93-104.

Sari, Syahra Ariesta Fitria. (2018). Analisis Dampak On Time Performance (OTP) Pada

Kegiatan Transportasi Udara. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. UIN Suska Riau. Standar Operasional Prosedur. Dikutip pada 11 April 2023.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-21

Cara Mengutip

Mirayani, L. P. M. ., Dewi, I. G. A. R. P. ., & Prilistika, N. L. G. D. . (2023). STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KARYAWAN UNTUK MENINGKATKAN ON TIME PERFORMANCE (OTP) DI MASKAPAI XIAMEN AIR (MF892) PADA PT GAPURA ANGKASA CABANG DENPASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(1), 266–270. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6466