PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN DAN PENANGGULANGAN RESIKO KEHILANGAN PRODUK PADA UD. SINAR AGUNG LISTRIK

Penulis

  • I Gusti Putu Eka Rustiana Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Aristana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Ayu Puspa Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pengarahan, Spesialisasi pekerjaan, Alur kerja, Program pelatihan

Abstrak

Pemasaran sangat penting untuk meningkatkan dan memajukan bisnis perusahaan. Kurangnya kemampuan staff bagian pemasaran untuk berkomunikasi secara baik dan benar terhadap para konsumen, selain itu kurangnya pemahaman staff bagian retur dalam memahami kondisi produk yang bisa untuk diterima. Adapun permasalahan yang ditimbulkan karena pesanan barang yang tidak sesuai dengan permintaan customer, yang mengakibatkan komplain dari para pembeli. Pengabdian ini bertujuan untuk peningkatan  kemampuan pemasaran dan penanggulangan resiko kehilangan produk di UD. Sinar Agung Listrik dengan memberikan pemahaman dan pelatihan tentang pemasaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan karyawan yang tinggi di perusahaan UD. Sinar Agung Listrik. Pengabdian dimulai dari tanggal 11 Agustus sampai dengan tanggal 10 September . Program ini dimulai dengan melakukan pengarahan tentang pemasaran produk, pembagian spesialisasi kerja, melakukan penyusunan alur kerja dan pelatihan untuk staff gudang dan retur. Hasil dari program pelatihan ini, selama 31 hari pelaksanaan, karyawan dapat memahami tentang pemasaran yang baik dan benar dan mampu mengurangi resiko kehilangan produk.

Referensi

Agung Feryanto, dkk. (2013). Spesialisasi dan Pembagian Kerja. Vol. 3. Cetakan Pertama Klaten: Cempaka Putih.

Ida Ayu Sasmita Dewi. (2019). Manajemen Resiko. Cetakan Pertama. Denpasar: UNHI Press.

Iftikar Z. Sutalaksana, Ruhana Anggawisastra, Jann H. Tjakraatmadja. (2006). Teknik Perancangan Sistem Kerja. Edisi ke 2. Bandung: ITB Press.

Mariah Fitriah. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Edisi 1 Cetakan Pertama. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Opan Arifudin, Udin Wahrudin, Fenny Darmayanti Rusmana. (2020). Manajemen Resiko. Jawa Barat: Widina Bhakti Persada Bandung.

Setia Mulyawan, S.E., M.M. (2015). Manajemen Resiko. Cetakan Pertama. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sri Mulyani. (2016). Metode Analisis dan Perencanaan Sistem. Edisi ke 2, Cetakan Pertama. Bandung: Abdi Sistematika.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Dewi, I. G. P. E. R., Astiti, N. P. Y., Aristana, I. N., & Dewi, N. K. A. P. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN DAN PENANGGULANGAN RESIKO KEHILANGAN PRODUK PADA UD. SINAR AGUNG LISTRIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 1210–1213. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5890