MEMAKSIMALKAN OPERASIONAL, DISIPLIN DAN EFISIENSI WAKTU DALAM BEKERJA DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KOKA KITCHEN AND BAR DENPASAR

Penulis

  • I Komang Oka Permadi Universitas Mahasaraswati Denpasar https://orcid.org/0000-0001-9554-3398
  • I Wayan Widnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ari Pertiwi Sanjiwani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gst Ayu Shinta Puspita Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Operasional, Disiplin, Efisiensi waktu

Abstrak

Koka Kitchen and Bar merupakan salah satu restoran yang baru ber operasi sejak pertengahan desember tahun kemarin yang Jl. Kebo Iwa Selatan No. 9, Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat, Bali. Restaurant ini menyajikan berbagai olahan makanan dari olahan local dan western, begitu juga dengan minuman yang di sajikan dari minuman tradisional yang di campur menjadi minuman modern seperti arak cocktails. Dikarenakan pandemi pihak UMKM mengalami beberapa kendala diantaranya kurangnya rasa disiplin kerja dan kerjasama antar team juga mengakibatkan banyaknya kesalahpahaman atau miskomunikasi sehingga menimbulkan beberapa konflik yang terjadi di lingkungan kerja, kurang maksimalnya promosi, sistem operasional yang belum memadai menimbulkan complain dari customer yang datang  dan menurunnya daya tarik dari tamu yang datang, serta pasca Covid-19 yang mengakibatkan jumlah tamu yang datang harus tidak melebihi. kapasitas duduk dan adanya jarak di antara meja dan tempat duduk antara tamu. Dengan melihat permasalahan tersebut pelaksana mempunyai beberapa solusi yang mana pelaksana berencana untuk membuat absensi untuk pegawai agar taat waktu dalam bekerja, mengubah sistem operasional dengan memakai tablet untuk taking order guna memudahkan karyawan dalam penerima pesanan, promosi dilakukan dengan cara dibuatkannya media social seperti instagram, whatsapp serta tik tok, menggunakan sistem reservasi agar memudahkan mendatangkan tamu dan mengatur jumlah dari tamu yang datang, guna meminimalisir jumlah tamu yang over (over load). Dalam pelaksanaan ini diharapkan dapat lebih membantu pihak mitra dalam meningkatkan pendapatan serta untuk para staf yang bekerja mampu lebih baik lagi kedepannya agar bisa membantu pihak mitra dalam menjadikan Koka Kitchen and Bar salah satu tempat makan dan bar yang banyak dikunjungi pelanggan. Dan semoga keempat program kerja yang sudah terlaksana mampu dilanjutkan dengan baik untuk membantu mengembangkan usaha ini.

Referensi

Amalia, Hanifah. (2021). Praktik Kerja Lapangan. "Laporan Kegiatan Prosedur Persediaan Barang Masuk dan Keluar pada CV. Maju Jaya Dekorasi Palembang". Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa Politeknik Palcomtech.

Alesandro, Fillipi. (2019). Laporan Praktek Kerja Lapangan pada PT. Multi Terminal Indonesia. Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

LPPM. (2021). Buku Panduan Pengabdian Masyarakat 2021 Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar.

Unmas. (2020). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Denpasar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Permadi, I. K. O., Widnyana, I. W., Sanjiwani, P. A. P., & Sari, I. G. A. S. P. (2023). MEMAKSIMALKAN OPERASIONAL, DISIPLIN DAN EFISIENSI WAKTU DALAM BEKERJA DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KOKA KITCHEN AND BAR DENPASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 1183–1188. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5885