MENGEDUKASI KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI PRODUK

Penulis

  • A.A. Manik Pratiwi Universitas Udayana
  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Nita Kusuma Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Penjualan, Sumber Daya Manusia, Transformasi Digital

Abstrak

Pandemi Covid-19 berdampak sangat signifikan pada seluruh sektor, baik sektor kesehatan, sosial dan ekonomi. Pemerintah telah mengeluarkan beberapa strategi dan kebijakan sebagai upaya meminimalisir risiko penyebaran Covid-19 dengan memberikan anjuran kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menerapkan social distancing. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan, maka permasalahan yang dihadapi oleh CV. Arys Mikro Denpasar yaitu terjadinya penurunan penjualan dikarenakan promosi yang dilakukan masih secara face to face serta belum dipatuhinya protokol kesehatan oleh karyawan CV. Arys Mikro Denpasar. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka solusi yang diberikan yaitu melakukan pelatihan dan pendampingan kepada karyawan tentang cara memasarkan produk secara online melalui media sosial facebook, melakukan penyuluhan dan pengedukasian kepada karyawan mengenai bahaya dan cara pencegahan penyebaran Covid-19, serta melakukan pengadaan dan pembagian masker, sarung tangan dan hand sanitizer kepada karyawan CV. Arys Mikro Denpasar. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatnya kemampuan karyawan dalam memasarkan produk secara online melalui media sosial facebook, meningkatnya pemahaman karyawan mengenai bahaya dan cara pencegahan penyebaran Covid-19, serta meningkatnya disiplin karyawan dalam menggunakan hand sanitizer, masker dan sarung tangan baik dalam proses produksi maupun dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Referensi

Bajpai, D., & Gandhi, R. (2020). The Study of Hr Practices in Smes During The Buffeted Covid-19 Times In India. Journal: Paripex Indian Journal of Research, 1-6.

Elsafty, A. S., & Ragheb, M. (2020). The role of human resource management towards employees retention during Covid-19 pandemic in medical supplies sector-Egypt. Business and Management Studies, 6(2), 5059-5059.

Ferguson, N. M., Cummings, D. A. T., Fraser, C., Cajka, J. C., Cooley, P. C., & Burke, D. S. (2006). Strategies for mitigating an influenza pandemic. Nature, 442(7101), 448-452. https://doi. org/10.1038/nature04795.

Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Javed, S. A., & Ayaz, M. U. (2020). Projected impact of lockdown on SMEs in Pakistan.

Omar, A. R. C., Ishak, S., & Jusoh, M. A. (2020). The impact of Covid-19 Movement Control Order on SMEs’ businesses and survival strategies. Geografia, 16(2).

Prena, G. D., Utami, N. P. E. Y., & Yuliastuti, I. A. N. (2022). Peningkatan Pemasaran Dupa Bodhisattva Di Desa Lodtunduh, Ubud, Gianyar. Jurnal Dharma Jnana, 2(2), 85-95.

Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) .

Yuliastuti, I. A. N., Kepramareni, P., Sugiantari, A. A. P. W., Giri, I. K. S., & Putra, I. G. C. (2021). Asri Jewellery's Online Marketing During the Covid 19 Pandemic in Tampaksiring Village, Gianyar. Journal of the Community Development in Asia (JCDA), 4(3), 108-116.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Pratiwi, A. M., Yuliastuti, I. A. N., & Dewi, N. K. N. K. (2023). MENGEDUKASI KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI PRODUK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 1176–1182. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5884