PELATIHAN PEMBUATAN CULTURAL NEWSLETTER SEBAGAI SARANA PROMOSI EVENT SANUR VILLAGE FESTIVAL
Kata Kunci:
Cultural Newsletter, Pelatihan, PromosiAbstrak
Yayasan Pembangunan Sanur merupakan yayasan yang bertanggung jawab atas diselenggarakannya kegiatan Sanur Village Festival. Yayasan Pembangunan Sanur didirikan dengan tujuan sebagai wadah untuk menjembatani kepentingan warga dengan pelaku industri dan pihak – pihak yang memiliki kepentingan di Sanur. Adanya pandemi Covid-19 membuat kegiatan Sanur Village Festival mengalami masa jeda, sehingga perlu diadakannya promosi agar kegiatan tersebut dapat tetap dikenal dan tidak terlupakan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka solusi yang dapat diberikan yaitu dengan melakukan penyuluhan, pelatihan serta pendampingan dalam pembuatan cultural newsletter terhadap staf yang mana berfungsi untuk mempromosikan kegiatan-kegiatan yang berada di bawah naungan Yayasan Pembangunan Sanur. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan yaitu berupa penyuluhan dan pemahaman mengenai pentingnya promosi dengan newsletter, pelatihan pembuatan cultural newsletter, serta pendampingan dan evaluasi guna meningkatkan kreatifitas staff terkait proses pembuatan cultural newsletter. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatnya kemampuan staf Yayasan Pembangunan Sanur dalam mempromosikan kegiatan Sanur Village Festival dengan menggunakan bentuk promosi berupa Cultural Newsletter. Melalui promosi ini, maka kunjungan wisatawan mancanegara mengalami peningkatan yang juga berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat sekitar.
Referensi
Claria, D. A. K. (2018). Teks Iklan Komersial Parfum untuk Pria. Kulturistik: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 2(1).
Claria, D.A.K., Rajistha, I. G. N. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Membangun Pelayanan Prima pada Staff Taman Baca Kesiman. Junal Abdimas Indonesia, 1(2).
Claria, D.A.K., & Warmadewi, A. A. I. (2020). Problems in Teaching Tourism Register for English Spesific Purposes (ESP Class). Journal of English Teaching Adi Buana, 5(2), 111–120.
Hutchinson, Tom & Waters, A. (1987). English for Spesific Purpose. https://www.academia.edu/4831921/English_for_specific_purposes_hutchinso n_tom_waters_alan.
Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. Grramedia Pustaka Utama. Leech, G. (1966). English in Advertising: A Linguistic Study of Advertising in Great Britain. Longman.
Lestari, I. G. A. A. I., Yuliastuti, I. A. N., Artajaya, I. W. E., & Putra, I. G. C. (2019). Peningkatan Pemasaran Sanggar Seni Sekar Dewata Dalam Mewadahi Minat Dan Bakat Anak-Anak Difabel. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1).
Yuliastuti, I. A. N., Kepramareni, P., Sugiantari, A. A. P. W., & Giri, I. K. S. (2020). Improvement of Asri Jewelry production capacity during covid-19 pandemic. Journal of the Community Development in Asia (JCDA), 3(3), 7-12.