MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL DAN SISTEM PEMBUKUAN SEDERHANA PADA UMKM DI DESA TAMANBALI

Penulis

  • Frischa Faradilla Arwinda Mongan Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Ni Nyoman Ayu Suryandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Ayu Made Dewi Lestari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Pemasaran, Pembukuan

Abstrak

Perekonomian di Indonesia mengalami banyak penurunan pendapatan, dan penjualan di masa pandemi salah satunya pada pelaku UMKM. Kian hari keadaan kian memburuk pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan bahkan kebankrutan sehingga para pelaku UMKM harus segera mengambil langkah demi keberlangsungan usahanya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dengan UMKM Tamansari Destar di Desa Tamanbali Permasalahan yang dihadapi mitra adalah Mitra masih belum mampu mengoptimalkan dengan baik perkembangan teknologi, seperti menggunakan sarana digital media sosial untuk memasarkan produknya. Mitra  masih kesulitan dalam mengelola  keuangan usahanya karena belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pembuatan pembukuan sederhana. Adapun program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan adalah memberikan pelatihan cara pembuatan katalog produk, pelatihan cara pemasaran melalui media sosial dan pelatihan pembuatan pembukuan sederhana. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu mitra dalam promosi mereka serta beradaptasi dengan era new normal dan membantu mitra agar mampu mengelola keuangannya. Metode yang digunakan adalah metode penyuluhan dan pelatihan mengenai cara pembuatan katalog produk, pemasaran melalui media sosial dan pembuatan pembukuan sederhana. Hasil pengabdian ini membuat mitra memiliki pengetahuan mengenai cara pembuatan katalog produk dan cara pemasaran melalui media sosial sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan. Selain itu, mitra juga memiliki pengetahuan mengenai cara pembuatan pembukuan sederhana sehingga mampu mengelolan keuangannya.

Referensi

Istanti, Enny. Sanusi Ruchan (2021). Pemanfaatan Media sosial bagi pengembangan UMKM di Desa Kudengrejo, Kecamatan Jabon, Sidoarjo. E-Jurnal Komunikasi profesional, 4(2), 176-187.

Laksamana, Dimas Satria. Setyawan, Arief (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Media sosial sebagai media promosi UMKM di Era New Normal di Desa Gunung Sari, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi. E-Jurnal Buletin Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,1(1),20-26.

Manoppo, W. S., & Pelleng, F. A. (2018). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Teknik Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha UMKM Di Kecamatan Malalayang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 7(2), 6-9

Novarini, Ari Ni Nyoman. Suandewa, Arianta I Putu (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Upaya Pengembangan Usaha Lawar Kambing Pada Era New Normal. E-Jurnal Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Selvi, E., & Untari, D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Memanfaatkan Aplikasi Shopee Pada Akun Subur Batik. MPU PROCURATIO, 2(1), 281-288.

Sembiring, E. B., Neta, F., Nashrullah, M., Wirawan, A., & Lumombo, L. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Rempang Cate Melalui Pelatihan Pemasaran Digital untuk Produk Unggulan Pasir Panjang. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (AbdiMas), 1(2), 104–117.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Mongan, F. F. A., Suryandari, N. N. A., & Lestari, I. D. A. M. D. (2023). MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL DAN SISTEM PEMBUKUAN SEDERHANA PADA UMKM DI DESA TAMANBALI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 1119–1126. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5876