MENINGKATKAN MUTU DAN KUALITAS PEGAWAI PADA KANTOR BIRO UMUM DAN PROTOKOL DALAM MELAYANI MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Tiksnayana Vipraprastha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Desak Nyoman Indriyani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kantor Virtual, Pelayanan, SOP

Abstrak

Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali merupakan kantor pelayanan umum untuk masyarakat. Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali melaksanakan Misi Gubernur Bali yang Ke-22 yaitu, mengembangkan sistem tata kelola pemerintahan daerah yang efektif, efisien, terbuka, transparan, akuntabel dan bersih serta meningkatkan pelayan publik terpadu yang cepat. Permasalahan yang terjadi dari hasil observasi di kantor Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali yaitu pegawai kurang meningkatkan SOP kerja yang sudah di tetapkan, kurangnya pemahaman serta pelatihan tentang penggunaan aplikasi kantor virtual untuk kegiatan surat menyurat, serta kurangnya antisipasi pegawai dalam pencegahan complain pelayanan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan agar dapat membantu dan memberikan solusi yang terbaik. Metode yang dipakai dalam kegiatan ini yaitu metode observasi yang dimana pelaksana terjun langsung untuk melihat situasi dan kondisi yang ada agar dapat membantu dan memberikan solusi.

Referensi

Arifianto, Nanang. "Kualitas Pelayanan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Kantor Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo." JI@ P 10.1 (2021).

Dwitama, Sulistianingsih. Analisis Proses Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Safari Samudera Raya Banjarmasin. Diss. Universitas Islam Kalimantan MAB, 2021.

Herdiansyah, Riyan. Peranan Customer Service Dalam Handling Complaint Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Wanaraja Kantor Cabang Garut. Diss. Universitas Siliwangi, 2022.

Profil Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali, 2020. Profil Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali. Denpasar. Bali

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Vipraprastha, T., & Indriyani, D. N. (2023). MENINGKATKAN MUTU DAN KUALITAS PEGAWAI PADA KANTOR BIRO UMUM DAN PROTOKOL DALAM MELAYANI MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 1060–1065. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5867