UPAYA MENINGKATAN PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI BUTIK YUA KEBAYA
Kata Kunci:
Butik Yua Kebaya, Pemasaran, Media SosialAbstrak
Pandemi Covid-19 yang mulai muncul dari awal bulan maret 2020 lalu menimbulkan berbagai permasalahan mulai dari kesehatan masyarakat yang menurun bahkan sangat mengkhawatirkan sampai dengan masalah sosial ekonomi yang sangat melemah. Covid-19 merupakan kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernafasan. Covid-19 sudah menyebar diseluruh dunia. Akibatnya, pandemi Covid-19 memberi dampak pada ketidaksabilan ekonomi, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurangnya aktif di akun media social sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan butik ini apalagi dimasa pandemi covid-19 banyak masyarakat yang tidak bisa keluar rumah dan memilih bermain social media dirumah saja.serta banyaknya pesaing disekeliling yang memiliki usaha butik yang sama, dan kurangnya model pembuatan kebaya jadi agar lebih simpel bagi konsumen untuk membeli. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan mitra tersebut adalah pembuatan akun Instagram agar masyarakat tertarik, pemeliharaan akun instagram dengan mendaftarkan di fitur promosi IG agar lebih mudah dijangkau masyarakat luas,serta pembuatan model kebaya jadi agar bisa dipajang di Butik. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu untuk meningkatkan penjualan di era new normal dengan selalu memperhatikan upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Hasil kegiatan ini dapat membuat masyarakat tertarik untuk datang karena adanya akun Instagram dengan model-model yang menarik agar mitra dapat diketahui oleh masyarakat luas sehingga berani bersaing dengan butik lainnya.
Referensi
KAPPC. 2022. Buku Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Alternatif Pedulu Pandemi Covid-19 Universitas Mahasaraswati. Pusat Pengabdian Masyarakat dan Pengelolaan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar.