STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA TOKO NYOMAN CUSTOM FURNITURE DI MASA NEW NORMAL
Kata Kunci:
Strategi pemasaran, Covid-19, pembukuan, media socialAbstrak
Pandemi Covid-19 tidak hanya memberikan dampak yang sangat besar bagi sektor perekonomian Indonesia, tidak terkecuali Toko Nyoman Custom Furniture yang berlokasi di Desa Buduk, Kecamatan Mengwi, Badung. Dalam observasi, pemilik Toko Nyoman Custom Furniture mengatakan bahwa omzet penjualan mengalami penurunan selama pandemi. Hal ini terjadi karena kurangnya minat beli masyarakat terutama dari luar Kabupaten Badung. Masalah ini terjadi, karena masyarakat kurang mengenal produk-produk yang dihasilkan, dan manuver pesaing memberikan nilai lebih kepada pelanggan (diskon). Selain itu, pemilik usaha belum menerapkan sistem pembukuan sederhana pada usahanya, dimana pembukuan berperan penting guna mengontrol pemasukan atau pengeluaran sebuah usaha. Berdasarkan masalah tersebut, maka dapat diberikan beberapa solusi yaitu: melakukan pemasaran dengan menggunakan media sosial instagram dan facebook, memberikan diskon bagi yang melakukan post product yang telah dibeli melalui media sosial, seperti instagram dan facebook. Kegiatan lainnya, membantu penyusunan pembukuan sederhana menggunakan aplikasi digital. Dengan dilakukan program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat membantu Toko Nyoman Custom Furniture untuk memperluas pangsa pasar dan tetap eksis.
Referensi
Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat UNMAS Denpasar. (2022). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Peduli Bencana Covid 19 Universitas Mahasaraswati Denpasar LPPM Denpasar.
Priambada, S. (2015). Manfaat penggunaan media sosial pada usaha kecil menengah (UKM). SESINDO 2015.
Supriyati, S., Hudiwinarsih, G., & Muazaroh, M. (2020). Pendampingan Pembukuan Sederhana Bagi Usaha Kerajinan Enceng Gondok dan UMKM Pemula di Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-Dinamika, 5(2), 158-163.