OPTIMALISASI SARANA PEMASARAN MEDIA SOSIAL DALAM RANGKA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DI EDOSS STORE

Penulis

  • Ni Nyoman Ari Novarini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Mia Septi Utami Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, Media Sosial, Endorsment

Abstrak

Penyebaran wabah Covid-19 yang begitu cepat di Indonesia tentunya memberikan pengaruh yang besar bagi perekonomian. Dengan himbauan physical distancing, bekerja, belajar dan beribadah dirumah, hingga pelanggaran kegiatan yang menimbulkan kerumunan tentunya membuat roda ekonomi nyaris terhenti. Permasalahan yang ditemui dari hasil observasi yakni menurunnya omset penjualan serta kurangnya promosi yang kreatif terutama di sosial media menyebabkan menurunnya minat customer untuk membeli produk dari usaha tersebut. Dalam rangka meningkatkan minat konsumen di Edoss Store, yaitu mengoptimalkan sarana pemasaran terutama instagram di masa pandemi covid-19 ini sangatlah penting karena menurunnya omset penjualan akan berimbas pada kelangsungan operasi usaha, maka dari itu perlu diadakannya Endorsement oleh influencer dan Content Creator yang hasilnya di upload media sosial yang bertujuan supaya dimasa pandemi covid-19 ini pendapatan usaha tetap ada. Pendapatan usaha memiliki peran penting dalam menunjang kelancaran kegiatan operasional usaha termasuk dalam administrasi atau kompensasi karyawan. Hasil evaluasi setelah dilakukan kegiatan edukasi mengenai strategi promosi penjualan produk melalui Content Creator dan Endorsement oleh influencer di masa pandemi Covid-19 tersebut, Content Creator mampu membuat foto dan videografi sesuai dengan keinginan audiens dan karyawan mampu mengaplikasikan feed dan instagram stories dengan tahap-tahap yang sudah dijelaskan. Hal tersebut terbukti dari antusiasme karyawan juga terlihat pada saat pemberian edukasi dalam cara-cara promosi dalam rangka peningkatan sarana pemasaran.

Referensi

Marwan, Asri. 1991. Marketing. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Rachmawati, R. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran), Vol.2, No 2, pp. 143-150.

Sonwalker, J., Manohar K., and Pathak A. 2011. Celebrity Impact-A model of Celebrity Endorsement, Journal of Marketing and Communication, Vol.7, issue 1.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Undang – Undang No.20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

File Tambahan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Novarini, N. N. A., & Utami, N. W. M. S. (2023). OPTIMALISASI SARANA PEMASARAN MEDIA SOSIAL DALAM RANGKA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DI EDOSS STORE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 962–966. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5837