PENGEMBANGAN UMKM DENGAN METODE PEMASARAN ONLINE PADA WIDI MOTOR

Penulis

  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Yudha Dharma Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Pemasaran Online

Abstrak

Saat ini industri UMKM di tanah menghadapi situasi yang demikian sulit di tengah perubahan lingkungan bisnis yang semakin kompleks. Persaingan pun telah menjadi sangat ketat seiring dengan derasnya arus perdagangan bebas yang secara otomatis membuat kompetisi datang dari segala arah. Strategi pemasaran adalah salah satu cara untuk bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Permasalahan yang ditemui dari hasil observasi yakni daya beli konsumen yang menurun terhadap produk yang dijual dan pemasukan dari penjualan berkurang. Solusi yang diberikan untuk memecahkan masalah yang dihadapi UMKM adalah memasarkan produk secara online dengan aplikasi Shopee dan mendaftarkan UMKM Widi Motor pada platform google maps agar masyarakat mudah untuk mencari posisi UMKM. Dengan tujuan meningkatkan pemasukan UMKM Widi Motor yang sebelumnya telah berkurang karena adanya pandemi Covid-19. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, metode pelaksanaan dan juga pengerjaan di lapangan dalam mengembangkan UMKM melalui pemasaran online pada widi motor dengan cara membuatkan akun shopee dan mendaftarkan di platform google maps sudah terlaksana dan berjalan dengan baik.

Referensi

Fauzi, Abu Amar, and Margaret L. Sheng. "The digitalization of micro, small, and medium-sized enterprises (MSMEs): An institutional theory perspective." Journal of Small Business Management (2020): 1-26.

Jati, Waluyo, and Hanafi Yuliansyah. "Pengaruh strategi pemasaran online (onlinearketing strategy) terhadap minat beli konsumen." Jurnal Pemasaran Kompetitif 125 (2017).

Personalfinance.kontan.co.id. (2020, 30 Oktober). Cara Buka Toko Di Shopee dan Tips Mendapat Pembeli Dengan Cepat. Diakses pada 1september2022 , dari https://personalfinance.kontan.co.id/news/cara-buka-toko-di-shopee-dan-tips-mendapat-pembeli-dengan-cepat?page=all

Setiawati, Ira, and Penta Widyartati. "Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM." Proceedings. Vol. 1. No. 1. 2017.

Rudjito. 2003. Strategi Pengembangan Umkm Berbasis Strategi Bisnis, Makalah yang disampaikan pada Seminar Peran Perbankan Dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional Kerjasama Lemhanas RI dengan BRI.

Wibowo, Dimas H., Zainul Arifin, dan Sunarti. 2015. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 29 (1), 59-66.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Imbayani, I. G. A., & Putra, I. G. Y. D. (2023). PENGEMBANGAN UMKM DENGAN METODE PEMASARAN ONLINE PADA WIDI MOTOR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 953–957. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5835