PELATIHAN, PENDAMPINGAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN MELALUI EDUKASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DI UD. METRI PASAR BADUNG, DENPASAR

Penulis

  • Made Ika Prastyadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Widya Rama Ananda Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pemasaran, teknologi digital, penggunaan aplikasi toko online

Abstrak

Pemasaran adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Setelah melakukan observasi dan wawancara terhadap pemilik UD. Metri di Pasar Badung, Denpasar. Fenomena yang saat ini yang sedang dialami oleh pelaku UMKM adalah ketidakseimbangan pendapatan dengan pengeluaran mereka, penurunan penghasilan pelaku UMKM ini karena kurangnya kemampuan pemasaran yaitu, pemanfaatan teknologi digital untuk menjual produk khususnya melalui aplikasi toko online. Selain itu belum adanya label atau logo usaha sebagai tanda pengenal dan ciri khas agar lebih mudah dikenal oleh pembeli. Disisi lain, belum adanya pemanfaatan media sosial seperti Instagram, Facebook dan Tiktok sebagai sarana pemasaran online agar jangkauan pembeli dan pangsa pasar semakin luas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah persiapan, pelaksanaan, evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini telah tercapai 100% dan memberikan manfaat bagi perusahaan.

Referensi

Martinsusilo, (2009). Kesiapan merupakan kombinasi dari kemampuan dan keinginan yang berbeda yang ditunjukkan seseorang pada tiap-tiap tugas yang diberikan. Siahaan.

Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat UNMAS Denpasar .(2022). Buku Panduan KKN Alternatif Peduli Pandemi Covid-19.Universitas Mahasaraswati Denpasar LPPM Denpasar.

LPPM. 2021. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Peduli Bencana Covid19. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Mitariani, N. W. E., & Saraswita, D. G. B. (2022). Peningkatan Kemampuan Memasarkan Produk Melalui Media Sosial Bakso Super Gile,332-337.

Wiestra, (2014). Pelaksanaan kegiatan. Jakarta.

Suchman, (2010). Pengertian evaluasi. Jakarta Barat.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Prastyadewi, M. I., & Ananda, I. K. W. R. (2023). PELATIHAN, PENDAMPINGAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN MELALUI EDUKASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DI UD. METRI PASAR BADUNG, DENPASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 947–952. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5834