MENINGKATKAN DAN MENGOPTIMALKAN PENJUALAN PRODUK UMKM ES LILIN BALI MELALUI MEDIA DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Agus Wahyudi Salasa Gama Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Tania Ariesta Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, UMKM, Digital Media

Abstrak

Pandemi Covid-19 memberi dampak pada ketidakstabilan ekonomi, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Secara umum, mayoritas dari pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan bahkan kebankrutan akibat pandemi Covid-19. Pembatasan kegiatan sosial membuat UMKM sulit untuk bergerak mengembangkan skala usaha jika hanya memanfaatkan metode konvensional tersebut. Pelaku usaha telah melakukan berbagai cara merespon kondisi sulit ini untuk mempertahankan usahanya. Kurangnya mobilitas massa di sekitar pasar tentu menghambat laju promosi yang berpengaruh kepada tingkat penjualan. Es Lilin Bali merupakan UMKM yang bergerak di bidang kuliner.Pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap Es Lilin Bali karena membatasi para konsumen untuk membeli produk secara langsung. Permasalahan yang ditemui kurangnya pemahaman dalam meningkatkan skala penjualan melalui visual konten media sosial dan kurangnya pemahaman terkait penjualan serta pengiriman melalui platform e-commercepengabdian untuk mencegah terjadinya kerumunan. Metode yang digunakan dalam Meningkatkan dan Mengoptimalkan Penjualan Produk UMKM Es Lilin Bali Melalui Media Digital di Masa Pandemi Covid-19 adalah dengan memberikan edukasi, pelatihan, dan pendampingan. Melalui kegiatan ini penjualan akan meningkat. Adapun factor-fakor yang mendukung kegiatan ini, antusias pemimpin dan karyawan dalam melaksanakan kegiatan ini serta tersedianya fasilitas pendukung yang memadai dalam melaksanakan kegiatan ini.

Referensi

Kompas.com. (2021). Aturan Lengkap Penerapan PPKM Level 4 untuk 7 Provinsi di Jawa-Bali. Diakses pada tanggal 18 Agustus 2021 pada https://nasional.kompas.com/read/2021/08/03/09131631/aturan-lengkap-penerapan-ppkm-level-4-untuk-7-provinsi-di-jawa-bali?page=all

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN MEDIA DIGITAL. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Gama, A. W. S. ., & Putri, N. P. T. A. . (2023). MENINGKATKAN DAN MENGOPTIMALKAN PENJUALAN PRODUK UMKM ES LILIN BALI MELALUI MEDIA DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 882–885. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5825